Blogroll

Akrab Senada, adalah Aktif dan rajin belajar sejarah nasional dan dunia. merupakan kumpulan pemikiran, program, dan materi pelajaran dalam melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar Sejarah khususnya tingkat SMA.

Thursday, October 15, 2020

Peradaban kuno Mesir

 

Peradaban kuno Mesir

Mesir adalah satusatunya kebudayaan tertua di Benua Afrika.

Hal ini disebbakan lembah sungai Nil termasuk daerah yang subur sehingga rakyat mudah unbtukmembangan sebuah peradaban. Selain itu sungai Nil menjadi penyokong utama di \Mesir. Herodotius mengatakan  Mesir adalah hadiah dari Sungai Nil.

 System penmerintahan

Mesir adalah sebuah kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja yang bergelar Firaun. Ia memiliki kekuasaan sangat mutlak. Ia berperan sebagai kepala Negara, kepala agama dan kepala panglinma perang.. pemerintahan yang dipimpin Firaun memiliki cirri-ciri sbb:

·         Raja memerintah sekehendak hati

·         Seluruh kekuasaan ada ditangan raja baik sipil (ekonomi, pemerintahan dan hukum) militer dan agama.

·         Rakyat tunduk sepenuhnya terhadap perintah raja. Salah satunya wajib bayar pajak.

Firaun mengangkat para pejabat yang berasal dari golongan bangsawan. Untuk membantu menjalankan pemerintahan ia dibantu oleh seorang Wazir atau perdana mentri. Umumnya wazir dijabat oleh putra mahkota.  Sejak tahun 3400 SM Mesior diperintah oleh 30 dinasti yang terbagi dalam 3 zaman, yaitu Mesir tua, mesir tengah dan mesir muda.

Mesir tua berlangsung sekitar tahun 3400 -3160 SM. Berpusat di Memphis. Kerajaaan ini timbul setelah raja Menes berhasil mempersatukan Mesir Hilir dan Mesir Hulu.. Menes diberi gelar Nesutbioti dan digambarkan memakai mahkota kembar.

Kerajaan ini disebut juga zaman piranida Karen banyak dibangun piramida salah satunya Piramida Sakarah dari firaun Joser dan piramida giza yang mrupakan makam piraun Cheops, Chifren dan Menkawa.

Kerajaan Mesir muda runtuh karena serangan bansa dari Asia Kecill dan bayaknya raja bawahan yang melepaskan diri.



Mesir pertengahan

Periode ini berlangsung  2160 – 1788 SM. Kerajaan Mesir tua dapat diersatukan kembali  pada masa raja Sosanntres \iII. Usaha yang dilakukan untuk membangun kembali kerajaan antara lain membangun pertanian dan saluran irigasi mengaktifkan usa perdagangan dengan wilayah |Timur engah.. dan mengadakan ekspansi  sampai ke Nubia.

Namun akhirnya runtuh oleh serangan bangsa Hykos.

Mesir baru

Berlangsung sekita 1500 – 100 SM. Masa ini ditandai dengan tampilnya Mesir sebagai kerajaan imperium yang berhasil menguasai sebagian Timur tengah dan asia barat ermasuk palestinadan Syria.  Raja-raja yg pernah berkuasa

Raja Ahmosis I. berhasil mengusir bangsa \hyksos

Thutmosis I yang mampu menguasai Mesopotamia

Thtmosis III sebagai raja terbesar yang menguasai Syria, Ethioopia, Lybia sampai ke Pulau Kreta. Dan \sisila.

Raja Amen Hoep IV yang pertamakali memperkenalkan kepercayaan monoteisme yang menyatakan bahwa ia seorang  manusia biasa dan bukan dewa.

Raja \Ramses II sebagai peletak dasar pembangunan di ||||||| Mesir. Ia berhasil merintis pembangunan terusan yagn menghubungkan sungai Nil denga  Laut Merah an membangun kuil besar dib u Sibel.

 Kerajaan ini mengalami kemunduran  akbat penaklukan dari bangsa Assyria yang selanjutnya diserahkan ke Persia. Pada  masa |Iskandar Zulkarnaen Mesir menjadi bagia dari Romawi.

System   kepercayaan.

Bangsa Mesir menganut kepercayaan politeisme.  Dewa ertinggi adalah  dewa ra sebgai dewa matahari. Untuk memujanya dibangun tugu obelisk. Dewa Osiris sebagai dewa peradilan di alam baka

Dan dewa horus d sebagai dewa sungai nil

Mesir juga mengenal  kepercayaan totemisme, misalnya dewa Anubis dan dewa ibis. Anubis sebagai dewa kematian digambarkan berkepala anjing, dewa ibis diganbarkan berkepala  burung.

Dewa Thoth dewa pengetahuan = burung babun

Knum dewa pencipta = domba jantan

 

Hasil kebudayaan

Tulisan hieroglyph yang berhasil dibaca  oleh eoang sarjana perancis Jean Francois Champollion 1799.

Mumi gambaran kemampuan mengawetkan jenazah mereka percaya kalau jasad utuh maka rohnya akan tetap hidup.

Kaender peraedaran matahari

Piramida banguna tempat makam padre raja. Pirmira da terbesar adalah  Cheops 137 m

Spink, patung singa perkepala manusia

Obelisk tempat memuja dewa ra

Mastaba makam para bangsawan berupa piramida terbalik

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More