Blogroll

Akrab Senada, adalah Aktif dan rajin belajar sejarah nasional dan dunia. merupakan kumpulan pemikiran, program, dan materi pelajaran dalam melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar Sejarah khususnya tingkat SMA.

Senin, 31 Januari 2011

LKS Sejarah kelas X smt 1

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa,  atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan  usaha kami untuk membuat Lembar Kerja Siswa dalam rangka meningkatkan pendidikan.
Lembar Kerja Siswa ini kami susun dengan maksud menyeragamkan bahan ajar bagi siswa-siswi kami, khususnya dilingkungan SMA di Kota Tangerang. Dengan LKS ini kami mengharapkan agar para siswa mampu dan mudah memahami materi, dan para pendidik mampu memberikan penilaian keberhasilan proses belajar mengajar dalam pendidikan secara objektif.
Dengan berdasarkan kepada Kurikulum 1994 Suplemen GBPP 1999, kami mengajukan materi maupun soal-soal latihan yang kami harapkan dapat memotivasi siswa agar menambah wawasan pengetahuan, bijaksana dalam bertindak dan bersikap sesuai dengan nilai-nilai luhur kepribadian bangsa Indonesia.
Mudah-mudahan usaha kami ini dapat memberikan sumbangan yang berarti bagi dunia pendidikan Indonesia untuk mewujudkan generasi bangsa yang tangguh, mandiri dan berwawasan luas.
Kami menyadari bahwa apa yang kami perbuat belumlah sempurna dengan apa yang kita harapkan. Untuk itu masukan sekecil apapun sangat berarti bagi kami untuk menjadi bahan  perbaikan dalam usaha kami.

Tangerang, 25 Januari 2006


Tim Penulis


    Yuni Septiani S.Pd.               (SMAN 1)
          Yuningsih, S.Pd.                 (SMAN 2)
Drs. Isemble                       (SMAN 5)
Drs. Asikin                         (SMAN 6)
Warsiah, S.Pd.                    (SMAN 4)
Dra. Nurhayanti                 (SMAN 3)

 

DAFTAR ISI

Kata Pengantar                                                                                                                         1
Daftar Isi                                                                                                                                              2
1.  Pendahuluan                                                                                                                              3

           Sejarah dan Prasejarah                                                                                                             3

2.  Masyarakat Prasejarah                                                                                                              5
A. Pembabakan Masa Prasejarah Indonesia.                                                                             5
B. Jenis-jenis Manusia Prasejarah.                                                                                             5
C. Ciri Kehidupan Masyarakat Prasejarah.                                                                                6
D. Kebudayaan Manusia Prasejarah.                                                                                         6
E. Nilai-nilai Peradaban Zaman Prasejarah.                                                                               7
Evaluasi                                                                                                                                    12
3.   Pusat-pusat Peradaban Kuno di Asia Afrika                                                                              16
A.     Pusat Peradaban di lembah Sungai Indus (India Kuno)                                                       16
B.     Pusat Peradaban Lembah Sungai Gangga.                                                              17
C.     Pusat Peradaban di lembah Sungai Kuning (China Kuno)                                        18
D.     Pusat Peradaban di Lembah sungai Eufrat dan Tigris. (Mesopotamia)                                 20
E.      Peradaban Lembah Sungai Nil di Mesir.                                                                 21

 Evaluasi                                                                                                                                   23

4.   Pusat pusat Peradaban Kuno di Eropa                                                                          33

A.     Peradaban Yunani Kuno                                                                                                    33

B.     Peradaban Romawi kuno                                                                                                   37

             Evaluasi                                                                                                                                   40

 

 

BAB 1. PENDAHULUAN



Sejarah dan Prasejarah


Kita tentu telah mengenal Sejarah. Namun masih banyak orang yang bertanya-tanya, Apakah sejarah itu?  Sejarah berasal dari kata Arab, Syajaratun artinya “pohon kayu”. Pohon menggambarkan pertumbuhan  yang berlangsung terus menerus dari akar sampai ranting yang terkecil. Bagaikan  pohon, sejarah tumbuh, hidup dan berkembang tiada hentinya sepanjang masa. Sejarah diartikan sebagai suatu disiplin ilmu yang menelaah laporan-laporan kronologis dan setiap peristiwa masa lalu yang berkaitan dengan kehidupan suatu bangsa, suku, masyarakat, atau keluarga tertentu.
Setiap bangsa didunia mempunyai sejarah sendiri. Sejarah adalah pengetahuan tentang seluruh perbuatan manusia pada masa lampau. Pengetahuan yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan berbagai peristiwa disebut sumber sejarah. Ilmu yang mempelajari sumber-sumber itu dan menyusunnya menjadi suatu kisah sejarah disebut ilmu sejarah. Sumber sejarah ada tiga, yaitu lisan, tulisan dan benda.
Sumber lisan adalah keterangan langsung dari para pelaku atau saksi-saksi dari peristiwa yang terjadi dimasa lampau, atau dari orang–orang yang menerima keterangan itu secara lisan dari orang lain. Sumber lisan merupakan sumber yang paling pertama digunakan manusia. Kadar kebenaran sumber itu sangat terbatas karena tergantung pada lisan, ingatan, dan tafsiran sipencerita. Sumber tertulis adalah sumber dari segala keterangan dalam bentuk laporan tertulis. Sumber macam ini ditemukan pada batu, kayu, kertas, dinding gua, berupa prasasti, dokumen, naskah, babad, majalah. Sumber benda, sumber yang berupa peninggalan-peninggalan sejarah seperti alat-alat ataupun benda-benda budaya atau yang lazim dinamakan benda-benda purbakala/kuno. Benda-benda macam ini terbuat dari bahan batu, logam, kayu, atau tanah. Misalnya kapak, gerabah, keramik, patung, senjata, gedung, dan lain-lain. Sumber benda ini ternyata tidak kalah pentingnya untuk menguak misteri masa lalu, terutama untuk masa sebelum tulisan dikenal.
Penelitian sejarah meliputi seluruh kehidupan manusia dimasa lampau. Masa lampau manusia meliputi masa sejak manusia ada dibumi hingga sekarang. Masa lampau itu ada ketika yang meninggalkan bukti-bukti tertulis dan ada yang tidak. Zaman ketika manusia belum meninggalakan bukti tertulis disebut zaman prasejarah. Adapun  zaman ketika manusia mengenal tulisan disebut zaman sejarah. Ilmu yang mempelajari zaman manusia belum mengenal tulisan disebut ilmu prasejarah.
Ilmu prasejarah dibantu oleh Paleontologi, ilmu yang mempelajari sisa mahkluk hidup yang telah membatu (fosil), Arkeologi, ilmu purbakala, Paleoantropologi, ilmu yang mempelajari bentuk-bentuk manusia, dan Geologi, ilmu yang mempelajari lapisan-lapisan tanah.
Apakah yang dimaksud dengan ilmu prasejarah itu ?  kata “Pra” berasal dari bahasa lain pre, yang mengandung arti sebelum. Ditilik dari arti aslinya itu, zaman prasejarah dapat diartikan sebagai zaman sebelum sejarah. Tetapi  apakah maksudnya ? telah kita bicarakan bersama, zaman sejarah terutama ditandai dengan adanya warisan keterangan tertulis. Kalau begitu, zaman prasejarah menunjuk pada konsekuensi logis.
Zaman prasejarah di Indonesia pun ditandai  oleh belum tersedianya informasi tertulis mengenai kondisi masyarakatnya. Tidak adanya tulisan sudah tentu akan mempersulit kita menelusuri dan mempelajari liku-liku aktivitas bangsa kita pada zaman prasejarah. Tanpa data tertulis tampaknya mustahil mengetahui seluk beluk kehidupan manusia Indonesia dimasa lalu. Akan  tetapi, sulit bukan berarti tidak bisa. Melalui cara-cara khusus, pada pakar purbakala akhirnya dapat menyibak kehidupan nenek moyang kita pada zaman prasejarah. Nah, berikut ini kita membicarakan hasil penyelidikan para pakar tersebut.
Penyingkapan kehidupan manusia zaman prasejarah seperti telah diisyaratkan diatas, pada dasarnya merupakan hipotesis. Kebenaran peristiwa zaman prasejarah yang kita peroleh lebih perupa fragmen-fragmen (kepingan-kepingan). Kaitan logis antara fragmen yang satu dengan yang lain berkesan   melompat-lompat dan longgar. Namun  para pakar sejarah tetap berupaya  merekonstruksi fragmen-fragmen itu melalui berbagai langkah, antara lain dengan mempelajari sejarah bumi (geologi), dan meneliti benda-benda purbakala peninggalan kebudayaan manusia masa lampau (arkeologi). Jerih payah para geolog dan arkeolog tersebut menghasilkan rekonstruksi pembabakan zaman sejarah.





BAB. 2
MASYARAKAT PRASEJARAH


Tujuan :
Siswa dapat menjelaskan perkembangan masyarakat Indonesia pada masa prasejarah dan mengagumi hasil karyanya.


A. Pembabakan Masa Prasejarah Indonesia.

Berdasarkan hasil-hasil budaya masyarakat prasejarah Indonesia terutama bahan yang digunakan untuk peralatan, seperti kapak, tombak, dan lain-lain. Zaman prasejarah dibagi menjadi dua, yaitu zaman batu dan zaman logam.
Zaman batu terbagi empat yaitu zaman batu tua (Paleolithikum), zaman batu tengah (Mesolithikum), zaman batu muda ( Neolithikum), dan zaman batu besar (Megalithikum). Sedangkan zaman logam terbagi tiga, yaitu zaman tembaga, zaman perunggu, dan zaman besi. Di Indonesia hanya ada zaman perunggu.
Zaman batu tua lazim dinamakan Paleolithikum (turunan dari bahas Yunani, palaios yang berarti “tua”, dam lithies yang berarti “batu”). Zaman ini dicirikan oleh peralatan batu yang masih kasar buatannya. Berdasarkan wujud peralatan batu itu, para pakar dapat memperkirakan peralatan yang digunalan zaman batu tengah (Mesolithikum) dari bahasa Yunani, mesos yang berarti “ditengah” dan lithos yang berarti batu). Peralatan batu dari zaman ini masih menyerupai  zaman batu tua namun sudah agak halus buatannya. Zaman batu muda (Neolithikum, dari bahasa Yunani, neo yang berarti “baru” atau “muda” dan lithos berarti batu. Peralatan yang digunakan sudah dibuat secara baik dan diasah sampai halus. Zaman batu besar (Megalithikum, dari bahasa Yunani, mega berarti “besar” dan lithos berarti “batu”) peninggalan zaman ini berupa bangunan-bangunan yang terbuat dari batu besar.
Zaman logam, kemampuan manusia relatif lebih maju. Hal itu tampak pada peralatan logam yang digunakan. Zaman perunggu, manusia sudah dapat menemukan logam campuran antara tembaga dan timah putih disebut perunggu. Secara geologi (ilmu tentang lapisan kulit bumi) ini hingga sekarang dikenal dengan empat zaman, yaitu Paleozoikum (zaman kehidupan tua), Mesozoikum (zaman hidup pertengahan), Neozoikum(zaman hidup baru). Neozoikum  terbagi menjadi dua yaitu zaman tersier (zaman ketiga) dan zaman kuartert (zaman keempat).

B. Jenis-jenis Manusia Prasejarah.

Pithecanthropus Erectus ditemukan oleh Eugene Dubois tahun 1890 didaerah tepi Sungai Bengawan Solo. Tepatnya didesa Trinil. Pithecanthropus Mojokertoensis ditemukan oleh Von Koeningswald tahun 1936 dilembah Sungai Brantas, dekat Mojokerto. Meganthropus Paleojavanicus ditemukan oleh Von Koeningswald tahun 1941 didaerah Sangiran (Sragen) disepanjang Sungai Bengawan Solo. Homo Sapiens ditemukan oleh Von Koeniswald dan Weidenrichtahun 1931, didesa Ngandong yang dikenal dengan Homo Soloensis. Homo Wajakensis ditemukan oleh Rietshoten pada tahun 1889 didaerah Wajak.
Pithecanthropus Erectus berjalan tegak dengan badan tegap dan alat pengunyahnya kuat, volume otaknya 900 cc. Pithecanthropus Mojokertensis berbadan tegap, mukanya menonjol kedepan dengan kening yang tebal dan tulang pipi yang kuat. Meganthropus Paleojavanicus memiliki badan yang tegap dan rahang yang besar dan kuat. Homo Sapiens volume otaknya 1650 – 2000 cc, tinggi tubuhnya bervariasi antara 1,30 – 2,10 meter.  Gigi geliginya tampak sudah mengecil, dahinya membulat dan sudah punya dagu. Homo Wajakensis tinggi badannya 1,30 – 2,20 meter, berat badan sekitar 30 – 150 kg.
Pithecanthropus ditemukan juga di gua di Chou-kuo-tien  Cina yang dikenal dengan Sinanthropus Pekinensis (manusia kera dari Peking). Di Kenya dikenal dengan Australopithecus Africanus. Di Eropa Barat dan Eropa Tengah dikenal Neanderthalensis. Homo Wajakensis termasuk dalam ras Australoide bernenek moyang  Homo Soloensis dan menurunkan bangsa Aborigin. Homo Wajakensis juga memiliki kesamaan dengan fosil manusia  Nias di Serawak Malaysia, manusia Tabon di Palawan.

C. Ciri Kehidupan Masyarakat Prasejarah.

Kehidupan masyarakat prasejarah Indonesia sangat tergantung pada alam. Mereka hidup secara nomaden (berpindah-pindah). Mereka memperoleh makanan dengan berburu, menangkap ikan dan meramu (food gathering). Dari cara nomaden, manusia secara berangsur-angsur mulai belajar hidup menetap. Tempat yang dipilih adalah gua, yang oleh para ahli disebut abris sous roche (gua bekas tempat tinggal). Sejak hidup menetap, masyarakat di zaman prasejarah mulai belajar menghasilkan bahan makanan sendiri (food producing). Pada  akhir zaman batu, manusia mulai mengenal kepercayaan dan kebudayaan.

D. Kebudayaan Manusia Prasejarah.

Kebudayaan Pacitan diketemukan tahun 1935 oleh Von Koenigswald, alatnya berupa kapak genggam yang dikenal sebagai kapak perimbas atau chopper, yaitu batu yang salah satu sisinya dipangkas hingga tajam dan sisi yang lain dibiarkan sehingga dapat digenggam. Kebudayaan Ngandong ditemukan didaerah Ngandong dan Sidoarjo dekat Ngawi Jawa Timur. Alat yang ditemukan berupa tulang binatang yang berfungsi sebagai penusuk (belati). Selain itu juga ditemukan alat-alat serpih (flakes) oleh Von Koeningswald tahun 1934 didaerah Sangiran. Alat-alat serpih dibuat oleh Homo Soloensis dan Homo Wajakensis.
Kebudayaan Pacitan ini berasal dari masa dan tempat manusia jenis Pithecanthropus Erectus hidup. Tadinya kesimpulan ini cukup diragukan. Akan tetapi, keraguan itu  pupus berkat adanya petunjuk dan peninggalan alat-alat serupa di Peking. Maka dari itu dipastikan bahwa alat-alat kebudayaan Pacitan  digalang oleh Pithecanthropus Erectus.
Kebudayaan abris sous roche adalah gua yang dipakai sebagai tempat tinggal. Gua-gua itu sebenarnya lebih menyerupai tempat perlindungan terhadap  amukan cuaca, binatang buas, dan musuh. Didalam gua itu banyak ditemukan peninggalan kebudayaan dari zaman paleolithikum sampai neolithikum. Meskipun demikian, sebagaian bear alat yang ditemukan berasal dari zaman mesolithikum.
Adanya alat-alat dari tiga zaman itu mengisyaratkan bahwa gua-gua didiami manusia prasejarah dalam tempo relatif lama. Adapun alat-alat yang ditemukan berupa mata panah dari batu, flakes, pipisan, dan alat-alat dari tulang. Pada umumnya, para pakar menduga penduduk kebudayaan abris sous roche ini adalah manusia dari ras Papua Melanesoid. Dugaan tersebut dikuatkan oleh bukti berupa tengkorak manusia ras itu yang ditemukan di Gua Lawa, Ponorogo, dan dibeberapa gua didaerah Lamoncong, Sulawesi Selatan.
Kebudayaan Kjokkenmoddinger yang berarti sampah dapur pada tahun 1925, Dr. P.V. an Stein Callenfels mengadakan penelitian ternyata didalam Kjokkenmoddinger itu terdapat kapak genggam yang lebih halus dari sebelumnya disebut pebble.
Kebudayaan Bacson Hoabin berasal dari Indo China, tepatnya dipegunungan Bacson didaerah Hoabin Vietnam. Kebudayaan Neolithikum tersebar hampir seluruh diwilayah Indonesia yang dikenal dengan kebudayaan kapak persegi dan kapak lonjong
Kebudayaan logam yang dialami tiada lain merupakan kebudayaan perunggu hasil kebudayaan yang terpenting adalah kapak corong dan nekara. Yang corong dan panjang dinamakan Candrasa. Kebudayaan Megalithikum berupa bangunan raksasa yang terbuat dari batu. Diantaranya Menhir (tugu batu tempat pemujaan). Dolmen (meja batu tempat meletakan sesaji). Sarkofagus (peti jenazah terbuat dari batu tunggal).

E. Nilai-nilai Peradaban Zaman Prasejarah.

Apa yang dimaksud dengan nilai-nilai budaya masa prasejarah bangsa Indonesia ? nilai-nilaibudaya masa prasejarah artinya konsep-konsep umum tentang masalah-masalah dasar yang sangat penting dan bernilai tinggi bagi kehidupan masyarakat prasejarah di Indonesia. Konsep-konsep umum dan penting itu hingga kini masih tersebar luas dikalangan masyarakat Indonesia.
Nilai-nilai budaya masa prasejarah Indonesia itu masih terlihat dalam bentuk kegiatan-kegiatan berikut:.
Dalam kehidupan kelompok masyarakat yang sudah menetap diperlukan aturan-aturan dalam masyarakat. Pada masyarakat dari desa-desa kuno di Indonesia telah memiliki aturan kehidupan yang demokratis. Hal ini dapat ditunjukkan dalam musyawarah dan mufakat memilih seorang pemimpin. Seorang pemimpin yang dipilih itu diharapkan dapat melindungi masyarakat dari gangguan masyarakat luar maupun roh jahat. Dan dapat mengatur masyarakat dengan baik  bila seorang pemimpin meninggal dunia.
Penemuan beraneka ragam bentuk benda-benda budaya masyarakat Indonesia dari masa prasejarah memiliki arti yang sangat penting bagi kehidupan bangsa Indonesia dimasa sekarang dan dimasa yang akan datang. Betapa tinggi nilai budaya yang mereka miliki, walaupun dalam teknik pembuatan benda-benda tersebut masih sangat sederhana. Benda-benda budaya itu sebagian besar disimpan pada musium-musium. Nilai-nilai budaya peradaban zaman prasejarah yang ada di Indonesia antara lain :
1.      Pengutamaan pada kehidupan yang religius.
2.      semangat gotong royong yang mencakup seluruh aspek kehidupan.
3.      upaya tolong menolong pada setiap kesempatan.
4.      perasaan cinta yang tulus kepada tanah kelahiran.

Lembar Kerja Siswa

1.      Sejarah mempunyai tiga sumber diantaranya :

No.
Sumber
Penjelasan
1
Lisan

2
Tulisan

3
Benda


2.      Isilah kolom dibawah ini !

No
Manusia Purba
Tokoh Penemu
Daerah

1

2

3

4

5

…………………………

…………………………

…………………………

…………………………

…………………………

…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………

……………………………………………………
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
3.      Ilmu yang membantu dalam mempelajari prasejarah antara lain :

No.
Ilmu
Penjelasan
1


2


3


4



4.      Secara Geologi, zaman dibagi menjadi empat, diantaranya :

No.
Zaman
Penjelasan
1.


2.


3.


4.



5.      Berikanlah penjelasan pada istilah dibawah ini :
No.
Istilah
Penjelasan

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10



Artefak

Abrissous roche

Food gathering

Food producing

Fosil

Menhir

Sarkofagus

Chopper

Flakes

Pebble

…………………………………………………………
…………………………………………………………
…………………………………………………………
…………………………………………………………
…………………………………………………………
…………………………………………………………
…………………………………………………………
…………………………………………………………
…………………………………………………………
…………………………………………………………
…………………………………………………………
…………………………………………………………
…………………………………………………………
…………………………………………………………
…………………………………………………………
…………………………………………………………
…………………………………………………………
…………………………………………………………
…………………………………………………………
…………………………………………………………
















Nama         : …………………
No. Absen : …………………
Kelas         : …………………
Nilai









TEKA TEKI SILANG



1





























2


3





4



































5































































6






















7


8







9

10



































11

































12




















































13













































Pertanyaan :
Mendatar :
1.        Kebudayaan tulang dizaman Mesolithikum
2.        Sejarah dalam bahasa Arab
5.        Hidup berpindah-pindah
6.        Zaman Logam di Indonesia
8.        Zaman Batu Muda
11.    Sungai tempat diketemukan Homo Soloensis
13.    Manusia Purba yang diketemukan tahun1931
Menurun :
1.        Pegunungan di Vietnam
3.        Pulau tempat penemuan manusia purba
4.        Daerah tempat diketemukan Homo Sapiens
7.    Zaman batu tua
9.    Kurun waktu sejarah secara berurutan
10.       Zaman batu pertengahan
12.       Daerah tempat diketemukan Pithecanthropus Erectus.

Evaluasi

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !

1.         Perbedaan utama antara zaman prasejarah dengan zaman sejarah terletak pada ….
a.        masalah tulisan
b.       masalah pemerintahan
c.        masalah kebudayaan
d.       masalah ekonomi
e.        masalah sosial
2.         Sumber-sumber arkeologi sangat penting artinya dalam rangka menyelidiki peristiwa dimasa lampau. Benda-benda itu antara lain, kecuali ….
a.        Candi
b.       Kapak genggam
c.        Nekara
d.       Dolmen
e.        Sarkofagus
3.         Tempat ditemukannya fosil-fosil manusia purba di Indonesia adalah di pulau …
a.        Sumatera
b.       Kalimantan
c.        Jawa
d.       Sulawesi
e.        Irian
4.         Peradaban manusia purba zaman Paleolithikum disebut ….
a.        Chopper
b.       Chandrasa
c.        Moko
d.       Nekara
e.        Sarkofagus
5.         Manusia zaman Pleolithikumsebagian besar bertempat tinggal di ….
a.        pesisir pantai
b.       gubuk-gubuk yang mereka dirikan di hutan
c.        gua-gua yang dekat dengan sumber kehidupan
d.       desa-desa yang mereka bangun
e.        padang rumput yang luas
6.         Sifat kehidupan manusia di zaman Neolithikum yaitu ….
a.        hidup menetap
b.       hidup aman dan tentram
c.        sudah ada bentuk kerajaan
d.       diperintah oleh golongan ningrat
e.        hidup mengembaraberpindah-pindah tempat
7.         Fosil manusia purba yang tertua di Indonesiaialah ….
a.        Pithecantropus Erectus
b.        Meganthropus Paleojavanicus
c.        homo Soloensis
d.       homo wajakensis
e.        homo Mojokertoensis
8.         Yang dimaksud dengan kebudayaan Bacson Hoabin yaitu….
a.        kebudayaan perunggu
b.       kebudayaan batu
c.        kebudayaan tulang
d.       kebudayaan besi
e.        kebudayaan tembaga
9.         Salah asatu kebudayaan Neolithikum yang terpenting adalah …..
a.        kapak corong – dolmen
b.       kapak corong dan kapak persegi
c.        nekara – kapak corong
d.       moko – sarkofagus
e.        dolmen - sarkofagus
10.     Seni bangunan Indonesia yang manjadi dasar dalam pembangunan candi adalah ….
a.        nekara
b.       punden berundak-undak
c.        keranda
d.       dolmen
e.        sarkofagus
11.     Sejarah adalah ilmu yang mempelajari ….
a.        tata pemerintahan kerajaan
b.       tata kehidupan fauna
c.        catatan tentang alam lingkungan satwa
d.       anatomi tubuh manusia
e.        peristiwa yang dialami manusia pada masa lampau
12.     Sebuahtugu batu yang berfungsi untuk meyembah roh nenek moyang disebut ….
a.        Sarkofagus
b.       Dol;men
c.        Punden berundak-undak
d.       Menhir
e.        Keranda
13.     Peninggalan kebudayaan paleolithikum di Indonesia ditemukan didaerah …..
a.        Ngandong dan Trinil
b.       Mojokerto dan Pacitan
c.        Mojokerto dan Trinil
d.       Ngandong dan Pacitan
e.        Pacitan dan Trinil
14.     Kapak perimbas yang ditemukan didaerah Pacitan diperkirakan dibuat oleh manusia prasejarah …..
a.        Pithecantropus
b.       Homo Soloensis
c.        Homo Wajakensis
d.       Meganthropus
e.        Homo Sapiens
15.     Alat-alat tulang  yang terdapat didaerah Ngandong kegunaannya untuk ….
a.        sebagai perhiasan
b.       sebagai alat penebang pohon
c.        pemujaan roh nenek moyang
d.       berburu
e.        hiasan dinding
16.     Bangunan-bangunan pada masa Megalithikum dibuat dari batu besar dan di\gunakanu untuk ….
a.        tempat pertahanan
b.       upacara menghormati roh nenek moyang
c.        tempat tinggal keluarga
d.       upacara pemujaan dewa
e.        tempat mengorbankan binatang
17.     Sumber utama yang digunakan untuk mempelajari kehidupan masyarakat prasejarah adalah ….
a.        fosil
b.       artefak
c.        fosil dan artefak
d.       cerita dari mulut ke mulut
e.        prasasti
18.     Cabang ilmu yang meneliti lapisan kulit bumi adalah ….
a.        Geologi
b.       Geografi
c.        Arkeologi
d.       Antropologi
e.        Biologi
19.     Jika menemukan benda-benda purbakala sebaiknya kita ….
a.        biarkan saja agar tetap ditempatnya
b.       amankan dan bawa kerumah untuk disimpan
c.        laporkan kepada pihak yang berwenang
d.       jual saja karena harganya tinggi
e.        hancurkan karena sudah tidak berguna
20.     Orang pertama yang berhasil menemukan manusia purba di Indonesia ialah ….
a.        Von Stein Callenfels
b.       Von koeningswald
c.        Van Heakeren
d.       Eugene Dubois
e.        C.H.M. Heeren Palm
21.     Kebudayaan perunggu sering disebut kebudayaan ….
a.        logam
b.       dongson
c.        masyarakat prasejarah
d.       ekstern
e.        interen
22.     Fosil manusia purba yang ditemukan Eugene Dubois disebut Pithecanthropus Erectus yang berarti…
a.        Manusia kera yang berbadan tinggi
b.       Manusia kera yang berjalan tegak
c.        Manusia kera yang berdan besar
d.       Manusia kera yang menyerupai manusia sejati
e.        Manusia purba dari pulau Jawa.
23.     Sisa bekas sampah dapur berupa  bukit-bukit kulit kerang dan siput yang telah membatu disebut ….
a.        Kjokkenmoddinger
b.       Abris sous roche
c.        Punden berundak-undak
d.       Food gathering
e.        A cire perdue
24.     Fosil Meganthropus paleojavanicus (manusia raksasa di Pulau Jawa) ditemukan oleh ….
a.        Von koeningswald
b.       Eugene Dubois
c.        On Stein Callenfels
d.       Teuku Jacub
e.        Von Heekeren
25.     Zaman Mesolithikum seing juga disebut dengan ….
a.        berakhirnya zaman paleolithikum,
b.       peralihan dari zaman paleolithikum ke neolithikum
c.        hancurnya zaman neolithikum
d.       berkembangnya zaman Megalithikum
e.        penemuan alat-alat dari p[erunggu.
26.     Manusia purba dibawah ini  termasu hidup pada zaman paleolithikum
a.        Pithecanthropis Erectus – Meganthropus Paleojavanicus
b.       Pithecanthropus Erectus – Homo Soloensis
c.        Homo Soloensis – Homo Wajakensis
d.       Meganthropus Paleojavanicus – Homo Wajakensis
e.        Homo Wajakensis – Homo Mojokertensis
27.     Cara pembuatan alat-alat pada zaman Mesolithikumm adalah ….
a.        masih kasar
b.       sudah diupam dan belum sempurna
c.        sudah jalus dan sempurna
d.       berkualitas tinggi
e.        semua jawaban salah
28.     Dibawah ini adalah alat kebudayaan pada zaman Megalithikum,kecuali …..
a.        chandrasa
b.       menhir
c.        dolmen
d.       sarkofagus
e.        keranda
29.     Penelitian yang dilakukan oleh Von Koeningswald terhadap  Pithecanthropus Erectus bertujuan …..
a.        mengetahui cara hidup
b.       mengetahui tempat tinggal
c.        mengetahui hubungan antar sesama
d.       mengetahui asal usul
e.        mengetahui bahasanya
30.     Tujuan kedatangan Dubois ke Indonesia yaitu ….
a.        menyelidiki lebih lanjut tentang manusia purba
b.       kerena tugas diberikan pemerintah kerajaan
c.        menguasai wilayah Indonesia
d.       mengambil segala bentuk penemuan kebudayaan
e.        menyelidiki bahasa rakyat Indonesia.



BAB 3

PUSAT PUSAT PERADABAN KUNO DI ASIA AFRIKA



Rounded Rectangle: Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat mendeskripsikan peradaban kuno di Asia – Afrika yang mencakup peradaban Sungai Indus, Sungai Kuning, Sungai Eufrat, Sungai Tigris dan Sungai Nil



A.   Pusat Peradaban di lembah Sungai Indus (India Kuno)

Sekitar tahun 2500 SM dilembah Sungai Indus muncul peradaban baru yang dikembangkan oleh Bangsa Dravida. Bangsa Dravida masuk ke Lembah Sungai Indus lewat Baluchistan dan celah Bolan di Pegunungan Hindukush. Berarti bangsa Dravida  adalah bukan penduduk asli India.
Ada dua sentra budaya lembah Sungai Indus, yaitu sentra budaya Harappa dan sentra budaya Mahenjodaro.
1.      Sanitasi dan tata kota.
Dari bentuk dan bahan bangunan yang dipergunakan, kedua kota kuno itu telah dibangun dengan teknik yang baik. Jalan-jalan dibangun serba lurus. Dikanan kiri jalan dibangun saluran air. Rumah penduduk dibangun dikanan kiri jalan, terpisah dengan bangunan-bangunan pemerintah.

2.      Sistem pertanian dan pengairan
Masyarakat lembah sungai Indus telah mengolah tanah untuk ditanami gandum, padi dan kapas. Serta berternak kerbau, babi dan domba. Air yang diperlukan untuk mengairi tanah tidak pernah kekurangan karena tanah pertanian tersebut dilalui aliran sungan Indus dan anak sungainya. Hasil pertanian yang berlebihan diangkut dengan perahu untuk diperdagangkan kedaerah lain.

3.      Teknologi.
Selain teknologi tata kota, mereka juga mengenal teknologi tuang logam untuk perhiasan dan membuat gerabah. Juga ditemukan  tera kota (tanah liat yang dibakar) dan keramik berglazuur yang menggambarkan “Dewi Ibu”, dewa yang sedang duduk, sapi jantan keramat, dan pohon ara (beringin) serta alat-alat yang lain.

4.      Kepercayaaan.
Bangsa  Dravida memuja kepada binatang suci terutama lembu, garuda, gajah, dan kera. Selain itu mereka juga sudah menyembah  dewa-dewa alam seperti Siwa, Wisnu, Uma, serta lingga.

5.      Aksara.
Aksara bangsa Dravida termasuk aksara silabik dan sekarang sudah bisa dibaca. Aksara silabik yaitu aksara masing-masing menggambarkan suku kata.


B.    Pusat Peradaban Lembah Sungai Gangga.

Sekitar tahun 2000 – 1000 SM, kebudayaan lembah sungai Indus yang dikuasai oleh Bangsa Dravida mendapat serbuan dari bangsa Arya. Bangsa Arya memasuki India dari Adia Tengah melalui celah Kaibar. Sebagian bangsa Dravida terdesak kearah dataran tinggi Dekan, sebagian kecil berbaur dengan bangsa pendatang tersebut.
Dari lembah sungai Indus, bangsa Arya memasuki lembah Sungai Gangga. Daerah-daerah yang mereka duduki mereka namakan Aria warta. Sesudah terjadi asimilasi bangsa dan budaya, lahirlah bangsa dan agama baru Hindu. Sebutan kawasan ini menjadi Hindustan (negara orang Hindu).
Perkembangan peradaban dilembah Sungai Gangga dapat dibagi menjadi beberapa zaman sebagai berikut :
a.    Zaman Wedda (1500 – 1000 SM)
Zaman ini ditandai dengan munculnya karya sastra berupa kitab–kitab wedda. Zaman ini juga berlangsung pembauran antara bangsa Arya dan bangsa Dravida. Bangsa Arya membawa kepercayaan dan penyembahan kepada dewa-dewa alam padang rumput. Dewa tertingginya Dhyaus Pitar (Bapak Langit) dalam perkembangan posisinya digantikan oleh Waruna (Dewa Alam Semesta). Dewa yang lain adalah : Dewa Indra, Soma, Surya, Agni, Aswin, dan terakhir dewa tertinggi bangsa Arya adalah Prajapati. Bangsa Arya memiliki Kitab suci yang disebut Wedda, yang terdiri dari empat bagian, yaitu :
-         Rig Wedda
-         Samma Wedda
-         Yajur Wedda
-         Atharwa Wedda

b.    Zaman Epos.
Pada zaman epos, kedudukan dewa tertinggi digantikan  oleh Rudra yang disamakan dengan dewa Siwa. Sedang dewa Prajapati disamakan dengan dewa Wisnu.
Ada dua epos (wiracarita besar) dari India yaitu :
1.      Mahabharata : Karya Wyasa, terdiri dari 18 parwa, mengisahkan riwayat hidup keturunan Bharata (Pandawa dan Kurawa).
2.      Ramayana : Karya Walmiki, terdiri atas 7 kanda, mengisahkan Rama dan Shinta.

c.    Zaman Budha (500 SM)
Agama Budha diajarkan oleh Sidharta Gautama, putra raja Sudhodana dari kerajaan Kapilawastu. Ajaran agama Budha terdiri dari Catur Arya Satyani dan Astavida. Kitab suci agama Budha disebut Tripitaka terdiri atas : Sutantra pittaka, Winaya pittaka dan Abhidharma pittaka. Dalam agama Budha tidak mengenal kasta. Agama ini memiliki dua aliran yaitu :
-            Agama Budha Hinayana, artinya bahwa orang dapat mencapai nirwana tanpa perlu memikirkan orang lain.
-            Agama Budha Mahayana, artinya bahwa orang untuk mencapai nirwana perlu memikirkan nasib orang lain.
Mulanya, seperti agama Hindu, agama ini juga tidak mengenal arca sebagai media pemujaan. Karena adanya pengaruh kebudayaan Hellenisme maka agama Budha kemudian mengenal arca. Seni arca Yunani atau Hellenisme disebut seni arca Gandhara, sedangkan seni arca yang sudah berciri khas India disebut Arca gaya Gupta.

d.    Zaman Hindu.
Perkembangan agama Budha membuat khawatir para pengikut agama Hindu, sebab sangat mungkin para pengikut Hindu akan menyebarang ke agama Budha. Apalagi agama Budha tidak mengenal kasta. Atas dasar itu, agama Hindu melakukan pembaruan yang menyangkut pandangan tentang dewa maupun sarana pemujaan.
Pemahaman tentang dewa pada masa pra Budha sangat abstrak. Pembaruan tentang pemahaman dewa kemudian diubah menjadi seperti pemahaman bangsa Yunani Kuno tentang dewa. Dewa di personofikasikan  sebagai manusia yang tidak dapat mati.atas dasar itu, dewa-dewa tersebut diwujudkan dalam bentuk arca atau patung. Sejak saat itulah agama Hindu mulai mengenal pemujaan dewa  melalui sarana arca atau patung.



C.   Pusat Peradaban di lembah Sungai Kuning (China Kuno)

Dikawasan China mengalir dua sungai besar yaitu Sungai Hoang Ho (sungai Kuning) dan sungai Yang Tse. Sungai Hoang ho, mengalir di China Utara dan Yang Tse  mengalir di China tengah.
Dilembah sungai Hoang ho yang subur itu pada tahun 2500 SM muncul peradaban manusia yang didukung oleh bangsa Han. Menurut cerita, pada sekitar 1800 – 1600 SM, ditempat ini telah berdiri pemerintahan Dinasti Hsia dengan dasar budaya perunggu. Pada masa ini masyarakatnya belum mengenal tulisan.

1 . Politik

b.    Dinasti Shang (1300 – 1028 SM)
Pada tahun 1300 SM China memasuki ambang sejarah dengan berdirinya dinasti Shang.

c.    Dinasti Chou (1027 – 221 SM)
Pada masa ini, pemerintahan diatur secara feodal.

d.    Dinasti Chin (221 SM – 206 M)
Didirikan oleh Chin Shih Huang Ti. Untuk membendung serangan bangsa liar dari utara (bangsa Shiung nu) dinasti ini membangnun Tembok Besar (The Great Wall of China). Tembok ini selesai dibangun pada masa dinasti Ming (abad 17 M). pada masa ini juga ditandai dengan standarisasi atas aksara China. Dinasti Chin juga membangun jalan raya dan jembatan-jembatan .jalan raya yang terkenal adalah “Jalan Kerajaan”.

e.    Dinasti Han (206 – 220 M)
Dibangun oleh kaisar Han Wuti. Pada masa ini dibangun jalan sutra

f.      Zaman enam dinasti (220 – 289 M)
Pada zaman ini agama Budha berkembang di China.

g.    Dinasti Tang (627 – 907 M)
Dinasti Tang dibawah pimpinan Tang Tai Tsung membawa China mengalami kejayaan melebihi zaman dinasti Han

h.    Dinasti  Sung (960 – 1279 M)
Pada zaman dinasti Sung, filsafat, sastra, dan seni maju dengan pesat. Filsafat Neo Konfisianisme, ajaran Kung Tse lahir pada zaman ini.

2.      Pertanian dan Perdagangan
Bangsa China telah mengenal sistem pertanian sejak zaman Neolithikum yaitu 5000 SM. Sedangkan peternakan menghasilkan babi, kerbau, domba, anjing dan ayam. Perdagangan di China sudah maju dengan adanya jalan sutra.

3.      Aksara.
                        Aksara China berbentuk pictograph ditulis diatas kulit penyu dan kerang.

4.      Kepercayaan
Pemujaan dan penghormatan pada leluhur sangat dijunjung tinggi oleh masyarakat. Bangsa China juga percaya pada dewa-dewa alam (dewa sungai, gunung, laut, dan lain-lain) serta siluman-siluman (ular, kera, babi, dan lain-lain). Dewa tertinggi adalah dewa Shang ti (dewa langit)

5.        Teknologi.
Bangsa China sangat ahli membuat gerabah, porselin, kain sutra, kertas dari kayu, dan lain-lain.

6.        Kalender.
Bangsa China membagi 1 tahun = 12 bulan, satu bulan terdiri atas 29 atau 30 hari. Perhitungannya mengikuti peredaran bulan.

7.        Filsafat.
Di China banyak ahli filsafat antara lain Lao Tse dan Kung fu Tse. Lao Tse mengajarkan tentang Tao (hukum alam). Kung fu Tse mengajarkan tentang moralitas hidup, menjunjung tinggi tradisi atau adat istiadat dan berbakti kepada leluhur.

D.   Pusat Peradaban di Lembah sungai Eufrat dan Tigris. (Mesopotamia)

Menurut Herodotus dari Yunani, kawasan lebah  Sungai Eufrat – Tigris di sebut Mesopotamia (mesos = tengah, potamos = sungai; daerah ditengah dua sungai). Adapun menurut Breasted seorang sejarawan Amerika, lembah Sungai Yordan dan lembah Sungai Eufrat – Tigris di sebut The Fertile Crescent moon atau tanah bulan sabit yang subur.

  1. Politik.
Mesopotamia merupakan daerah yang alamnya terbuka. Oleh karena daerah ini selalu menjadi rebutan bangsa-bangsa disekitarnya. Adapun bangsa-bangsa yang pernah berkuasa di Mesopotamia adalah :
a.    Bangsa Summeria (3500 SM)
Pusat kekuasaan Bangsa Summeria terdapat di kota Lagas atau Ur (Uruk). Kekuasaan tertinggi dipegang oleh pendeta raja yang disebut patesi. Hasil kebudayaannya berbentuk kuil yang disebut Zigurat.

b.    Bangsa Akkadia (Semit) ( 2300 SM)
Bangsa ini berhasil merekut kekuasaan bangsa Sumeria yang dilakukan oleh Sargon Agung. Kekuasaannya tidak berlangsung lama, karena diserbu oleh bangsa Got (suku biadab dari pegunungan sebelah tenggara).

c.    Babilonia lama (1250 SM).
Kota Babilon dibangun oleh bangsa Amori. Raja yang terkenal dari kerajaan Babilonia Lama adalah Hammurabi. Raja Hammurabi membuat undang-undang tertulis bagi masyarakat Babilonia.

d.    Bangsa Assyria
Bersamaan dengan kerajaan Babilonia lama di Mesopotamia tengah muncul kekuatan politik yang kuat, yaitu Assyria (Assur). Ibukota pertama berada di Assur, kemudian dipindahkan ke Niniveh. Assyria mencapai puncak kejayaan pada masa Raja Tiglath Pileser I. kepercayaan bangsa ini adalah politeisme, dewanya yang terkenal adalah Dewa  Assur.

e.    Bangsa Babilonia Baru (Chaldea)
Setelah berhasil menaklukkan bangsa Assyria, bangsa Chaldea inilah yang menguasai wilayah Mesoptamia. Kerajaan ini mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Raja Nebukadnezar. Ibukotanya di Babylon. Kota ini terkenal karena keindahannya seperti Taman Bergantung Babylon yang disebut Semiramis. Pada tahun  539 SM, Babylon mendapat serbuan dari bangsa Persia dibawah pimpinan Raja Cyrus yang mengakibatkan runtuhnya kekuasaan bangsa Chaldea.

  1.  Budaya dan Ekonomi
Mata pencaharian masyarakat di daerah Mesopotamia adalah bertani. Hasil pertaniannya antara lain gandum, rami, buah-buahan dan lain-lain. Bangsa Sumeria membangun waduk-waduk dan irigasi untuk mengolah tanah pertanian. Selain itu, masyarakat  Sumeria juga sudah mengenal perdagangan dengan India, Ehiopia dan kawasan Laut Tengah.


  1. Kepercayaaan.
Pada umumnya bangsa-bangsa yang pernah mendudui daerah Mesopotamia menganut kepercayaan politeisme. Diantara dewa yang disembah bangsa Sumeria adalah :
a.       Dewa Anu (dewa langit)
b.      Dewa Enlil (dewa laut)
c.       Dewa Ea (dewa pelindung manusia)
Dewa Anu dianggap sebagai dewa tertinggi. Sedangkan dewa yang disembah oleh bangsa Persia adalah :
a.    Dewa Ahura Mazda (dewa langit)
b.    Dewa Mithara (dewa laut)
c.    Dewa Yima (dewa pelidung manusia)
Kepercayaan bangsa Persia ini kemudian diperbaharui oleh Zarathusra (Zoroasteur), menurut kepercayaan ini, api, air dan tanah dianggap suci. Karena itu bila mereka meninggal dunia tidak boleh dibakar atau dikubur. Mayat itu cukup diletakan ditengah lapangan yang dikelilingi tembok tinggi yang kemudian disebut dengan Docma atau Tower of Silence (menara pengheningan).



E.    Peradaban Lembah Sungai Nil di Mesir.

Herodotus mengungkapkan “ Mesir hadiah pemberian Sungai Nil”, maksudnya, Sungai Nil menja disumber mata pencaharian bangsa Mesir. Banjir selalu melanda dan menggenangi lembah Sungai Nil tiap tahun, dan ketika surut meninggalkan endapan lumpur yang subur.

1.      Politik.
Sebagai kawasan yang berbasis pertanian, Mesir kuno dipimpin oleh seorang Firaun. Pada mulanya Mesir terbagi menjadi dua, yaitu Mesir Hilir dengan ibukota di Memphis, dan Mesir Hulu dengan ibukota di Thebe. Kedua Mesir ini berhasil disatukan oleh Firaun Menes. Penyatuan ini ditandai dengan mahkota yang dikenakan Firaun Menes berupa mahkota bersusun dua.

2.    Kepercayaan.
Kepercayaan bangsa Mesir kuno berawal dari perpadua antara pemujaan terhadap binatang dengan pemujaan keada dewa-dewa. Itulah sebabnya, dewa-dewa Mesir Kuno digambarkan sebagai manusia berkepala binatang. Dalam perkembangannya Dewa Ra (dewa matahari) dijadikan sebagai dewa tertinggi. Pemujaan dewa Ra diberikan dalam bentuk pendirian Obelisk.
Sejak zaman pertengahan, dewa Amon dari kota Thebe disatukan dengan dewa Ra, jadilah dewa Amon-Ra, dewa tertinggi  Mesir Kuno.
Dewa-dewa Mesir yang lain adalah :
a.    Osiris = dewa kematian
b.    Isis = istri dewa Osiris
c.    Hours = dewa langit
d.    Anubis = dewa kematian
e.    Hattor = dewa cinta

Bangsa Mesir Kuno percaya bahwa jiwa manusia dapat hidup terus jika jenazahnya tidak rusak. Oleh karena itu jenazah terutama raja-raja Mesir dibuat mummi.

3.         Ilmu Pengetahuan.
Bangsa Mesir Kuno sudah mengenal matematika sederhana untuk perkalian, pengurangan, penambahan dan pembagian. Selain itu  mereka sudah mengenal astronomi dan membuat kalender berdasarkan peredaran matahari dengan perhitungan 1 tahun = 12 bulan, 1 bulan =30 hari, dan 1 tahun = 365 hari. Bangsa Mesir juga sudah mengenal ilmu pengetahuan pengobatan dan kedokteran.

4.         Aksara.
Mesir Kuno sudah mengenal aksara yang merupakan aksara lambang bunyi berupa aksara gambar (Pictograph) yang disebut aksara Hieroglyph(gambar/ukiran suci).


Dalam  perkembangan kemudian, aksara ini disederhanakan untuk menulis cepat dengan kuas pada kayu atau pena gelagah pada kertas papyrus. Aksara baru ini disebut aksara Heratik (aksara suci).
5.         Seni Bangunan.
Bangunan-bangunan di Mesir yang seni bangunannya dinilai sangat tinggi antara lain adalah :
a.       Pyramida, dibangun untuk tempat pemakaman Firaun. Seorang arsitek terkenal yang ahli membuat pyramida adalah Imhoteb. Didepan Pyramid rerdapat Spinx, yaitu patung singa berkepala  manusia. Patung ini berfungsi sebagai penjaga arwah Mummi yang ada didalam pyramida tersebut. Supaya tidak diganggu oleh roh-roh jahat. Pyramida terbesar adalah pyramida raja Cheops yang terletak di Gizeh.
b.         Kuil. Kuil merupakan bangunan suci karena dibuat untuk tempat pemujaan. Didepan kuil dibuat tugu-tugu batu yang letaknya sejajar, yang disebut Obelisk. Kuil yang terbesar dan terindah adalah kuil Karnak.




LEMBAR TUGAS.

No
Istilah
Penjelasan
1.


2.


3


4



5


6


7



8
Mesopotamia


Mahabharata


Kung fu Tse


The Great Wall of China


Semi Ramis


Zoroasteur


Tower of Silence


Spinx



……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………




III. EVALUASI

A.     Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi anda silang pada huruf a, b, c, d, atau e.

1.       Persamaan antara kedua peradaban tersebut adalah ….
a.    berkembang pada abad Masehi
b.    dibangun oleh tokoh-tokoh agama
c.    tumbuh didaerah lembah sungai
d.    semua peninggalan telah punah
e.    hancur karena bencana alam
2.      Kebudayaan lembah Sungai Indus dikembangkan pada sekitar 2500 SM oleh bangsa …..
a.            Summeria
b.           Negrito
c.            Hindu
d.           Dravida
e.            Proto Austroloid
3.      Dewa yang dimaksud dalam hubungan diatas adalah ….
a.            Dewa Dhyas Pitar
b.           Dewa Wisnu
c.            Dewa Prajapati
d.           Dewa Siwa
e.            Dewa Indra
4.      Sistem kasta atau catur warna dalam masyarakat India kuno mulai diberlakukan sejak zaman …
a.            Kuno
b.           Wedda
c.            Epos
d.           Buddha
e.            Hindu Baru
5.      Pemerintahan feodal dengan Ching Tien Sistem  muncul pertama kali pada masa dinasti ….
a.            Shang
b.           Chou
c.            Chin
d.           Han
e.            Ming
6.      China mecapai puncak kejayaan pada masa dinasti ….
a.            Chou
b.           Chin
c.            Han
d.           Tang
e.            Sung
7.      Reruntuhan kota kuno bangsa Dravida, kota Mahenjodaro ditemukan dijazirah India kawasan ….
a.            Lembah Sungai Indus
b.           Dekkan
c.            Pancab
d.           Malabar
e.            Lembah Sungai Gangga
8.      Bangsa Dravida telah mengadakan hubungan dagang dengan luar negeri dengan barang-barang hasil tanah airnya yang diangkut lewat jalur darat dengan ….
a.            kafilah lembu
b.           gerobak ditarik kuda
c.            gerobak ditarik lembu
d.           kafilah gajah
e.            kafilah unta
9.      Kota Sarnath menjadi tempat suci bagi pemeluk agama Budha karena ….
a.            Sidharta Gautama dilahirkan
b.           Sidharta Gautama mendapat pencerahan/Boddhi
c.            Sidharta mengajar pertama kali
d.           Sidharta wafat
e.            Sidharta bertapa
10.  Dilihat dari sisa-sisa bangunannya, dapat diketahui bahwa kota Mahenjodaro dan Harappa memenuhi beberapa persyaratansebagai kota modern, kecuali …..
a.            jalan-jalan raya dibangun serba lurus dan lebar
b.           adanya saluran-saluran air yang modern
c.            adanya sarana rekreasi, diantaranya kolam renang
d.           rumah-rumah penduduk dibangun berdekatan dengan perkantoran
e.            bangunan-bangunan teratur dan terbuat dari batu bata
11.  Daerah bulan sabit yang subur adalah sebutan untuk Mesopotamia. Sebutan itu berasal  dari ….
a.            Breasted dari Amerika
b.           Champolleon dari Perancis
c.            Toynbe dari Inggris
d.           Herodotus dari Yunani
e.            Ter Haar dari Belinda.
12.  Masyarakat lembah sungai Indus memuja Dewi Ibu dengan pemujaan khusus, karena Dewi Ibu dilambangkan sebagai dewi ….
a.            kesuburan
b.           pencipta
c.            pelindung
d.           kesenian
e.            ilmu pengetahuan
13.  Tujuan dibentuknya kasta oleh bangsa Arya di India adalah ….
a.            menyamakan kedudukan bangsa Arya dengan bangsa Dravida
b.           membentuk kebudayaan baru antara bangsa Arya dengan bangsa Dravida
c.            menjaga kemurnian darah bangsa Arya
d.           mengakui kedudukan bangsa Dravida lebih tinggi
e.            menganggap bangsa Dravida sebagai tawanan perang
14.  Dibawah iniyang bukan merupakan bagian dari kitab Wedda adalah ….
a.            Rig Wedda
b.           Dharma Wedda
c.            Sama Wedda
d.           YajurWedda
e.            Atharwa Wedda
15.  Dinasti Chou di China merupakan peletak dasar system pemerintahan ….
a.            kekaisaran
b.           republik aristokrasi
c.            oligarkhidemokrasi
d.           feodalisme
e.            otokrasi militer
16.  Raja yang pertama kali menyusun undang-undang tertulis didunia untuk rakyatnya adalah raja ….
a.            Nebukadnezar
b.           Nabopalasar
c.            Beltazar
d.           Assurbanipal
e.            Hammurabi
17.  Filsuf China yang mengajarkan tentang pemerintahan dan keluarga adalah ….
a.            LaoTse
b.           Tao Tse
c.            Kung Fu Tse
d.           Meng Tse
e.            Tao Te Ching
18.  Perbedaan peradaban antara lembah Sungai Nil dengan Sungai Kuning adalah ….
a.            secara geografis letaknya sangat strategis
b.           system kepercayaan polyteisme
c.            berlaku hukum tantangan
d.           lahirnya ahli-ahli filsafat terkenal
e.            kaum bangsawan memiliki peranan penting
19.  Fungsi pyramida pada zaman Mesir Kuno adalah ….
a.            untuk tempat tinggal dewa Amon Ra
b.           sebagai lambang kejayaan Bangsa Mesir
c.            untuk menuliskan sejarah raja-raja Mesir
d.           untuk menyimpan sesaji bagi roh-roh nenek moyang bangsa Mesir
e.            untuk menyimpan jenazah bagi raja-raja Mesir Kuno
20.  Taman bergantung yang merupakan salah satu keajaiban dunia adalah hail peninggalan bangsa ….
a.            Assyria
b.           Khaldea
c.            Persia
d.           Summeria
e.            Akkadia
21.  Bangsa China pada zaman dinasti Shang menuliskan aksaranya diatas ….
a.            kertas dan potongan bambu
b.           potongan kayu
c.            lempengan tanah
d.           tulang dan batu
e.            kulit penyu dan tulang
22.  Dewa tertinggi dalam kepercayaan bangsa Babbilonia Lama adalah ….
a.            Zeus
b.           Ra
c.            Siwa
d.           Marduk
e.            Ahuramazda
23.  Mesir Hulu dan Mesir Hilir yang semula berdiri terpisah kemudian dipersatukan oleh firaun ….
a.            Menes
b.           Anchaton
c.            Khufu
d.           Ahmose II
e.            Thutmoses
24.  Aksara suci Mesir Kuno disebut dengan …..
a.            Cuneiform
b.           Hieroglyph
c.            Demotic
d.           Hieratic
e.            Alif-beth
25.  Kertas buatan orang Mesir Kuno dibuat dari bahan ….
a.            bubur kayu
b.           gelagah
c.            jerami gandum
d.           batang pohon papyrus
e.            tanah liat 
26.  Maksud dari pernyataan diatas adalah ….
a.            Sungai Nil menjadi sumber mata pencaharian bangsa Mesir
b.           Lembahdi wilayah Mesir menjadi subur karena sering kena banjir Sungai Nil
c.            Sungai Nil membuat Mesir menjadi terkenal
d.           Dengan adanya Sungai Nil, sarana transfortasi menjadi mudah
e.            Dewa Sungai Nil memberkati bangsa Mesir sehingga menjadi bangsa yang aman dan makmur.
27.  Berikut  ini merupakan peninggalan bangunan China Kuno ialah ….
a.            puing-puing kota kuno
b.           obelisk
c.            pagar tembok besar
d.           mastaba
e.            kuil
28.  Puncak kejayaan bangsa Babylonia Baru berada pada masa pemerintahan raja ….
a.            Hammurabi
b.           Nebukadnezar
c.            Marduk
d.           Ahuramazda
e.            Nabopalasar
29.  Kebudayaan yang tertua terdapat disekitar Sungai Eufrat dan Tigris adalah ….
a.            Kebudayaan Summeria
b.           Kebudayaan Assyria
c.            Kebudayaan Babylonia
d.           Kebudayaan Semit
e.            Kebudayaan Arya
30.  Orang yang berhasil membaca tulisan Hieroglyph pada abad ke 19 adalah ….
a.            Champolleon
b.           Charles Darwin
c.            Raffles
d.           Eugenan Dubois
e.            Breasted
31.  Raja Kerajaan Mesir Kuno bergelar …
a.            Pharao
b.           Maharaja
c.            Kaisar
d.           Yang dipertuan agung
e.            Tsar
32.  Peninggalan bangsa Mesir Kuno yang berupa tugu-tugu batu yang letaknya sejajar disebut dengan ….
a.            Pyramida
b.           Spinx
c.            Mastaba
d.           Obelisk
e.            Mummi
33.  Kepercayaan Mesir Kuno adalah polytheis, salah satu yang disembah adalah dewa Anubis. Dewa ini diyakini sebagai….
a.            Dewa peradilan
b.           Dewa kematian
c.            Dewa langit
d.           Dewa kebenaran
e.            Dewa kebijakan
34.  Jalan yang menghubungkan China dengan Asia Tengah bahkan sampai ke Asia Barat bertemu dengan jalur Romawi (jalan Sutera) dibangun pada masa dinasti ….
a.            Chou
b.           Chin
c.            Shang
d.           Han
e.            Tang
35.  China sudah mengenal system kalender yang membagi 1 tahun = 12 bulan, penghitungannya mengikuti peredaran bulan terjadi pada masa….
a.            Chou
b.           Chin
c.            Shang
d.           Han
e.            Tang
36.  Yang bukan raja-raja di Babylonia baru adalah ….
a.            Nebopalasar
b.           Nebukadnezar
c.            Belsarussur
d.           Nebonidas
e.            Cyrus
37.  Didepan pyramid-pyramid di Mesir didirikan bangunan Sphinx, yaitu ….
a.            patung manusia
b.           patung singa
c.            patung manusia berkepala manusia
d.           patung singa berkepala manusia
e.            patung singa berkaki dua
38.  Kota tempat Sidharta Gautama dilahirkan, sehingga dianggap sebagai tempat suci adalah ….
a.            Benares
b.           Kapilawastu
c.            Kusinagara
d.           Bodh Gaya
e.            Sarnath
39.  Tulisan bangsa Summeria dikenal dengan sebutan ….
a.            Hieroglyph
b.           Cuneiform
c.            Pictograph
d.           Paku
e.            alfabeth
40.  Setelah Babylonia ditaklukan. Ibukota Persia yaitu ….
a.            Ur
b.           Erek
c.            Niniveh
d.           Babylon
e.            Persepolis


B.     Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas !


1.      Sebutkan kitab-kitab yang merupakan bagian dari kitab suci Agama Hindu !
Jawab:.………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.      Sebutkan   empat bukti peninggalan budaya kota Harappa dan Mahenjodaro !
Jawab:.………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.      Jelaskan persamaan peradaban kuno di Asia – Afrika dalam bidang pemerintahan dan kepercayaan !
Jawab:.………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.      Sebutkan nama tiga orang ahli filsafat China Kuno, dan jelaskan secara singkat ajaran ketiga tokoh tersebut !
Jawab:.………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

5.      Apa tujuan dibangunnya tembok besar China ?
Jawab:.………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
6.      Jelaskan system kepercayaan bangsa Persia !
Jawab:.………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
7.      Sebutkan tempat-tempat suci Agama Budha beserta maknanya !
Jawab:.………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
8.      Mengapa Mesopotamia sering diperebutkan oleh bangsa-bangsa yang tinggal disekitarnya ?
Jawab:.………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

9.      Bagaimana perbedaan seni Arca Gandhara dengan gaya Gupta ?
Jawab:.………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
10.  Mengapa Mesopotamia mendapat julukan “The Fertile of Crescent Moon” ?
Jawab:.………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
11.  Mengapa hukum Hammurabi dianggap sebagai undang-undang tertua didunia ?
Jawab:.………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
12.  Apafungsi pyramida bagi orang Mesir ?
Jawab:.………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
13.  Jelaskan tujuan bangsa Arya menciptakan system kasta !
Jawab:.………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
14.  jelaskan mengenai ajaran Kong Fu Tse dan Lao Tse!
Jawab:.………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
15.  Mengapa Agama Hindu dalam perkembangannya mengenal arca sebagai sarana pemujaan ?
Jawab:.………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
16.  Sebutkan dewa-dewa bangsa Mesir Kuno!
Jawab:.………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
17.  Mengapa huruf Hieroglyph juga disebut gambar suci ?
Jawab:.………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
18.  Di Mesir terdapat pyramida yang besar, digunakan untuk menyimpan jenazah firaun ……………….
Jawab : ………………………………………………………………………………

19.  Apa yang kamu ketahui tentang aliran Budha Mahayana ?
Jawab:.………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
20.  Kitab Suci bangsa Persia, yakni Avesta dibagi dalam tiga bagian penting ! Sebut dan jelaskan !
Jawab:.………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………










Nama         : …………………
No. Absen : …………………
Kelas         : …………………
Nilai


C.              TEKA TEKI SILANG





1

M











2



E












3

S










4



I












5

R















M











7


E








8





S









9




O














10 P









11




O









12




T








13





A











14


M












15

I








16





A











Pertanyaan :
1.      Bangsa Pengembara
2.      Nama lain zaman Prasejarah
3.      Zaman Batu Madya
4.      Daerah Penemuan Pithecanthropus Erectus
5.      Tempat jenazah yang terbuat dari dua buah batu besar yang ditangkupkan.
6.      Tokoh yang berhasil mempersatukan Mesir Hilir dan Mesir Hulu
7.      Bangsa yang membangun peradaban Mesopotamia
8.      Kertas yang digunakan bangsa Mesir untuk menulis aksara gambar.
9.      Ahli bahasa dari Perancis yang berhasil membaca tulisan Hieroglyph pada batu Rosetta.
10.  Tempat menyimpan mummi raja-raja kuno.
11.  Bangsa yang membangun taman bergantung di Mesopotamia.
12.  Kitab suci Agama Budha.
13.  Kota kuno yang terletak dibagian hulu Sungai Indus .
14.  Tiga Aspek dewa dalam Agama Hindu.
15.  Dinasti yang membangun tembok besar China.
16.  Alat hitung yang diciptakan bangsa China kuno




BAB 4

PUSAT PUSAT PERADABAN KUNO DI EROPA




Rounded Rectangle: Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menjelaskan pusat-puat peradaban di Eropa berdasarkan hasil-hasil budayanya.




A. PERADABAN YUNANI KUNO


Yunani adalah sebuah negara yang dikenal dengan polis. Polis merupakan negara kecil yang merdeka, tidak merupakan bagian dari negara lain. Perintis kemajuan yang dialami Yunani adalah kebudayaan pulau Kreta pada tahun 2000 SM.
Peradaban Yunani berawal dari kebudayaan pulau Kreta. Letak yang strategis menjadikan wilayah ini sebagai pusat perdagangan samudra yang ramai dan menjadikan pusat berkembangnya suatu kebudayaan. Wilayah Yunani daratan terbagi dua oleh selat Corintha menjadi bagian utara dan selatan. Bagian utara meliputi daerah-daerah Thrace, Macedonia, Semenanjung Chalchidice, Thessaly, Epirus, Boeotia, dan Attica. Bagian selatan adalah daerah semenanjung Peloponesos.
Bangsa yang pertama kali mencapai Laut Tengah dan dianggap sebagai nenek moyang pertama bangsa Yunani adalah bangsa Ionia. Perpindahan bangsa Ionia ini kemudian diikuti oleh nenek moyang bangsa Yunnai  lainnya yaitu bangsa Minos, Achaea, Aeolia dan Doria.

1.      Peradaban Pulau Kreta.
Pulau Kreta terletak dibagian timur Laut Tengah, antara daratan Yunani dan Benua Afrika. Kehidupan di Pulau Kreta terbentuk oleh peradaban dan kebudayaan maritime. Bangsa yang mendiami Pulau Kreta adalah bangsa Minos dengan rajanya yang terkenal bernama  raja Minos. Karena kerajaan Minos terletak di Pulau Kreta, maka kebudayaannya  disebut kebudayaan Minos atau kebudayaan Pulau Kreta. Kebudayaan Minos lahir pada zaman perunggu (+ 3000SM). Kebudayaan yang berkembang di Pulau Kreta waktu itu sebagai berikut :
    1. Bangsa Minos sudah dapat membuat barang-barang dari logam dan gerabah serta sudah mengenal aksara (tulisan). Bangsa Minos telah mengenal kepandaian mengecor dan menempa logam besi. Bangsa Minos juga telah mengenal tulisan yang disebut tulisan Minos, tetapi tulisan ini sampai sekarang belum berhasil dibaca. Bangsa ini sudah mengenal permainan yang rumit seperti dam-daman
    2. Bangsa Minos membangun kota-kota pusat perdagangan seperti Knossos dan Phaetus. Pada umumnya rumah tinggal di pulau Kreta dibangun  secara mewah dan bertingkat yang dilengkapi dengan kamar mandi dan wc. Saluran ledeng dan dihiasi dengan lukisan-lukisan dengan warna mencolok.
    3. Bangsa Minos bersifat polyteisme dan memuja kekuatan-kekuatan alam yang dianggapnya sumber kebahagiaan dan pemberi berkah.

2.      Peradaban Mycenea.
Pada tahun 1400 SM kerajaan Minos mengalami kehancuran karena dilanda gempa bumi. Tahun 1350 SM bangsa Achaea dari kerjaan Mycenea mengambil alih kerajaan Minos. Kebudayaan bangsa Achaea disebut kebuadayaan Mycenea. Kebudayaan ini banyak mendapat pengaruh dari Pulau Kreta. Perbedaannya adalah bahwa kebudayaan Minos merupakan kebudayaan cinta damai dan agung. Sebaliknya, kebudayaan Mycenea adalah kebudayaan yang menyukai peperangan, kekerasan bahkan perampokan. Hal ini mempengaruhi bangunan yang dibuatnya, yakni kukuh, kuat dan berdinding tebal. Tujuannya adalah untuk bertahan dari serangan musuh. Menurut keyakinan, tembok tersebut dibangun oleh kelompok  raksasa bermata satu.
Bangsa Acaea pernah menyerang bangsa Troya yang diperkirakan berada di daerah Missarlik (Asia Kecil). Penyerangan  terhadap bangsa Troya ini dikisahkan oleh Homerus dalam dongeng sajaknya tentang pengepungan Troya. Karya Homerus yang lain adalah Illyas dan Odysseus, yang mengisahkan tentang keluarga besar dewadewa Yunani.
Bukti-bukti kejayaan Kerajaan Mycenea adalah :
-         adanya bekas bangunan kuno di Troya yang disebut Illyas
-         adanya makam raja Agamemnon yang juga disebut dalam buku Illyas
-         ditemukan harta benda raja Troya, yaitu Priamus.

3.      Peradaban Sparta.
Tahun 1200 SM kerajaan Mycenae, hancur akibat diserbu oleh bangsa Doria. Sebagai bangsa yang suka berperang, brutal, tidak kenal ampun, bangsa Doria adalah nenek moyang bangsa Sparta. Peletak dasar corak kehidupan di Sparta adalah seorang negarawan bernama Lycurgus. Orang-orang Sparta hanya mengembangkan segi kemiliteran dan mengabaikan segi-segi kehidupan lainnya. Oleh karena itu dibidang ekonomi sangat terbelakang. Pemerintah Sparta dijalankan oleh dua orang raja secara turun temurun. Kekuasaan raja tersebut  tidak terbatas. Dalam menjalankan pemerintahannya raja dibantu oleh Dewan Aristokrat yang disebut Ephor. Selain itu juga dibantu oleh Dewan Kota.

4.      Peradaban Athena.
Polis Athena di Semenanjung Attica. Bandar atau pelabuhannya berada di Piracus. Nama Athena berasal dari dewi kebijaksanaan Yunani bernama Athena Parthenon. Mula-mula Athena diperintah oleh raja. Sejak tahun 1100 SM di Athena terbentuk dewan Aristokrasi (pemerintahan) dimana kekuasaan tertinggi berada pada kaum bangsawan). Pada zaman republik Aristokrasi pemerintahan tertinggi dipegang oleh 9 archon (pelaksana pemerintahan) yang dipilih melalui Dewan Kota secara undian. Dewan Kota merangkap Mahkamah Agung bernama Aeropagus.
Pada masa penguasa Draco (621 SM) mengesahkan undang-undang sipil yang sangat keras “Draconion”. Ketika terjadi pertentangan antara rakyat dan kaum aristocrat, tampil seorang pemimpin baru bernama Solon. Ia dikenal sebagai peletak dasar tata pemerintahan Athena. Tahun 560 SM, Solon mengundurkan diri setelah menghapuskan perbudakan dan pemulihan hak-hak sipil rakyat. Negarawan selanjutnya setelah Solon adalah Pisistratus, Kleisthenes, dan Etfialthes.


5.      Perang Persia Yunani (492 – 484 SM)
Raja Cyrus dari Persia berusaha memperluas wilayah kekuasaan ke Yunani. Raja Cyrus menyerang Athena yang dibagi dalam 3 periode:
    1. Serangan pertama (492 SM)
Serangan ini gagal karena kapal-kapal Persia hancur dilanda badai dan topan di pantai timur Athena.

    1. Serangan kedua (490 SM)
Pada serangan ini armada laut Persia berhasil menyeberang Laut Aegea dan mendarat di Marathon. Tapi berhasil dipukul mundur pasukan gabungan yang dipimpin Biliades.

    1. Serangan ketiga (480SM)
Pada serangan ketiga ini, pasukan Persia melakukan serangan melalui daratan. Dalam pertempuran di darat, pasukan Persia memperoleh kemenangan yang gemilang. Tapi berkat siasat Themistocles (negarawan Athena) pasukan Persia berhasil dipancing kearah teluk salamis dan dihancurkan. Pengganti raja Cyrus yakni Xerxes memerintahkan pasukan mengundurkan diri dari Yunani.

6.      Masa kejayaan Athena.
Kemenangan Yunani atas Persia membawa keharuman Athena di kalangan Yunani. Sehingga Athena menjadi pemimpinm polis-polis di Yunani yang tergabung dalam  Konfederasi Dellos (Liga Dellos). Kejayaan Yunani didukung oleh kuatnya kehidupan yang demokratis. Demokrasi di Athena mencapai puncaknya pada masa kekuasaan Pericles. Factor yang menyebabkan Athena menjadi polis yang paling unggul adalah sebagai berikut:
-       semakin mantapnya pranata-pranata demokratis
-       kepemimpinan yang wibawa dalam peranga Persia – Yunani
-       kemampuan mengkonsolidasikan polis yang menjadi bawahannya
-       kepemimpinan kulturan yang sangat mewarnai”Style” bangsa Yunani.

7.      Persaingan antara Sparta dan Athena.
Kemajuan yang dicapai Athena menimbulkan rasa iri Sparta. Persaingan antara Sparta dan Athena mencapai puncaknya dengan pecahnya perang Peloponesos (413 – 404 SM). Kedua polis berusaha meredakan perang dengan mengadakan perdamaian Nicias, tapi tidak berhasil. Akhirnya dalam pertempuran di Laut Aegospostami, Sparta yang dibantu Persia berhasil mengalahkan Athena.

8.      Keruntuhan yunani dan munculnya kerajaan Macedonia.
Kekacauan di Yunani dimanfaatkan  raja Philipus II dari Macedonia. Tahun 338 SM, kerajaan Macedonia menyerbu dan berhasil menaklukan Yunani. Macedonia kemudian ingin menguasai Persia, tetapi gagal, karena  meninggalnya raja Philipus II. Penggantinya adalah Iskandar Zulkarnaen (Alexander Agung). Dia mempunyai guru yang terkenal yaitu Aristoteles. Iskandar Zulkarnaen meninggal pada tahun 323 SM. Sepeninggal Zulkarnaen Yunani terpecah-pecah menjadi kerajaan-kerajaan kecil yang disebut Diadochos.


9.      Beberapa kemajuan Peradaban Yunani Kuno
    1. Hellenisme; adalah hasil akulturasi budaya Yunani (Hellas) dengan kebudayaan Mesir, Babilonia dan India.
    2. Kepercayaan. Bangsa Yunani mempercayai dewa-dewa dengan gambaran sebagai manusia super. Dewa-dewa ini tinggal di bukit Olympus (Yunani Utara).
Zeus                   = dewa langit / dewa tertinggi
Appolo               = dewa kesenian

Poseidon            = dewa laut

Ares                   = dewa perang
Hades                 = dewa maut
Aphrodite          = dewa kecantikan
Phallas Athena   = dewa ilmu penetahuan
Demeter             = dewa kesuburan
Artemis              = dewa pengajaran
Hermes               = dewa perdagangan
Untuk menghormati para dewa, bangsa Yunani mengadakan pesta olah raga dan seni.
Bangsa Yunani kunojuga menghormati manusia setengah dewa yang mempunyai sifat kepahlawanan, pemberani, dan kuat yaitu Hercules dan Hector.

    1. Seni bangunan
Beberapa bangunan megah Yunani kuno :
1)        di kompleks kota Pericles Athena :
-           Propilat ; gedung pergelaran seni
-           Parthenon ; kuil
-           Erecteum ; untuk mengenang raja Erectus.
2)        Kuil pemujaan dewa Apollo di Dellos
3)        Kuil pemujaan dewa Zeus di Olympia

    1. Kesusastraan.
Sastra yang terkenal pada zaman Yunani Kuno adalah buku cerita kepahlawanan Illyas dan Odyssea karya Hommerus.

    1. Ilmu Pengetahuan dan Filsafat.
Kebebasan berpolitik, berfikir dan beragama di Yunani mendorong munculnya pemikir yang menyukai kebijaksanaan atau filsafat. Para filusuf tersebut antara lain :
o       Anaksimander  = ahli ilmu pengetahuan alam
o       Pithagoras        = ahli matematika
o       Heraclitos         = ahli geografi dan geneologi
o       Socrates            = peletak dasar logika dan hukum susila
o       Plato                 = ahli matematika
o       Aristoteles        = ahli biologi, logika dan bahasa
o       Hipokrates        = ahli kedokteran
o       Herodotus         = ahli sejarah
o        Thales              = ahli matematika

B.         PERADABAN ROMAWI KUNO

Romawi termasuk akar kebudayaan dunia yang tiada matinya. Bangunan megah kota roma dari hasil sastra merupakan adikarya agung yang membangun budaya manusia modern. Hal ini pulalah  yang menjadikan kebanggaan bagi bangsa barat sebagai “putra kedua”  peradaban Eropa.

1.                Latar belakang.
Peradaban Romawi kuno diawali dengan lahirnya kota Roma pada tahun 753 SM. Menurut legenda, kota Roma didirikan oleh Romus dan Romulus, putra Mars dengan Alba (Putri Aeneas  pahlawan dalam perang Troya). Akibat perselisihan keluarga, Romus dan Romulus dibuang oleh pamannya ke Sungai Tiber. Kedua anak kembar ini kemudian ditemukan dan disusui oleh srigala. Ketika datang seorang gembala, dirawatlah kedua bayi ini bersama sang srigala. Cerita ini merupalan suatu cerita mitos yang bertujuan untuk menaikan derajat bangsa Romawi. Secara historis kota Romawi dibangun oleh petani-petani latin yang banyak belajar dari suku Etruska.

2.      Pemerintahan.
a.          Masa pemerintahan raja (s.d. 509 SM)
Ketika masih dibawah perlindungan bangsa Etruska, Roma berbentuk kerajaan. Setelah melepaskan diri dari bangsa Etruska kaum bangsawan Roma mengambil alih kekuasaan raja dan memerintah Roma dengan system republik

b.         Masa pemerintahan Republik.
Dalam pemerintahan republik, kekuasaan tertinggi berada di tangan senat.  Senat menyerahkan kekuasaan pemerintahan sehari-hari kepada dua orang konsul. Lembaga-lembaga pemerintahan yang lain adalah protor (urusan peradilan), sensor (urusan pajak), dan questor (urusan keuangan).
                       
Dominasi kaum paticia (bangsawan Roma) mendapat reaksi dari kaum plebeia (rakyat biasa). Mereka menuntut ikut dalam pemerintahan. Atas  dasar itu golongan plebeia mendapat dua wakil dalam senat yang disebut ”Tribunus Plebes” atau disingkat Tribun yang memiliki hak veto.

3.      Penyatuan Italia dan Perang Phunis.
Antara tahun 500 – 400 SM, kota Roma menaklukan seluruh Latium. Tahun 280 SM, menaklukan kota-kota koloni Yunani yang ada di Italia Selatan. Pengembangan kekuasaan Roma ke arah selatan mengakibatkan berurusan kekuasaan antara Roma dengan koloni-koloni bangsa Phunisia di Khartago, sehingga pecahlan perang Phunia. Tokoh penting dalam perang ini adalah Jenderal Hannibal dari Khartago dan jenderal Scipio dari Roma. Roma menguasai perdagangan Laut  Tengah yang mereka sebut “Mare Nostrum” (Laut Kita).
Dalam perkembangan kerikutnya, pendekar-pendekar pembela kepentingan rakyat yang tergabung dalam” Triumvirat I”, salah satunya adalah Yulius Caesar. Beberapa warisan Caesar adalah :
-         Semboyan “Vini, Vidi, Vici” (saya datang, saya lihat, saya menang)
-         Landreform (penataan tanah)
-         Kalender Yulius.


4.      Masa Pemerintahan Kaisar (27 SM – 1453 M)
Tahun 27 SM Octavianus berhasil menyisihkan lawan-lawannya termasuk Caesar. Senat menyerahkan semua jabatan kepadanya. Jabatan Octavianus adalah konsul, tribun, imperator, pontifex maximus, princeps, augustus. Prestasi Octavianus Augustus adalah :
-         menyusun kabinet dan birokrasi
-         membangun jalan untuk kepentingan militer

Beberapa peristiwa penting pada aman kekaisaran Romawi adalah :
-         Yesus Kristus lahir pada masa kaisar Octaviaus Augustus.
-         Hak kewarganegaraan diberikan pada warga negara  non Italia pada masa kaisar Claudius (41 – 54 M)
-         Pembakaran kota Roma dan penganiayaan terhadap orang-orang Kristen pada zaman kaisar Nero(54 – 68 M).
-         Pembangunan Amphiteater Coloseum pada zaman dinasti Flaria.
-         Penghancuran kota Zerusalem (70 M)
-         Perluasan wilayah kerajaan ke barat sampai dengan Sungai  Donou dan ke timur sampai Sungai Tigris pada aman dinasti  Adapty (96 – 181 M)
-         Pembukuan hukum Romawi, zaman Dinasti Adapty.

Sejak 305 M, pusat pemerintahan dipindahkan ke Byzantium (Konstantinopel) oleh kaisar Konstantinus. Ketika kaisar Konstantinus wafat, Romawi pecah menjadi dua, Romawi Barat dengan ibukota Roma, dan Romawi Timur dengan ibukota Konstantinopel. Romawi Barat kemudian runtuh, sedang Romawi Timur tetap berjaya sampai tahun 1453 M yang ditandai dengan jatuhnya Konstantinopel ketangan Turki.

5.      Budaya
a.    Seni bangunan
Dalam seni bangunan, Romawi dikenal sebagai “peminjam yang serakah”. Mereka mengambil alih pilar Yunani dalam segala gaya, maupun teknik plengkung gaya Etruska.
Beberapa hasil seni bangunan Romawi yang terkenal sebagai berikut:
1)      Amphiteater Koloseum, tempat gladiator
2)      Pantheon, kuil pemujaan untuk dewa-dewa
3)      Gedung Circus Maximus, tempat pertunjukan atraksi kereta perang
4)      Aquaduk, talang air
5)      Viaduk, jalan raya
6)      Kotakombe, bangunan bawah tanah dalam lorong gelap bukit kapur.
7)      Gereja Hagia Sopheia, sejak Konstantinopel jatuh ketangan Turki, gereja ini diubah menjadi mesjid.

b.        Ilmu Pengetahuan.
Romawi telah mengenal pendidikan dengan baik. Kurikulum pendidikan dikelompokkan sebagai berikut :
1)        Sekolah Dasar: membaca menulis dan berhitung.
2)        Sekolah Menengah : Gramatika, tata bahasa, sejarah, ilmu bumi dan astronomi
3)        Sekolah Tinggi : berpidato.



c.    Hukum
1)      Sejak tahun 449 SM warga negara telah  mendapat himpunan hukum perdata dua belas tabel.
2)      Kodeks Theodosius (438 M) himpunan hukum perdata
3)      Kodeks Yustinianus (529 M) terkenal sebagai “Corpus Juris Civilis” (Kitab undang-undang Hukum Perdata)

d.    Kepercayaan
Kepercayaan asli orang Romawi adalah animisme tulen. Mereka percaya pada “Pneumena” (Roh penunggu api abadi kota roma), “laras”(roh penjaga rumah), “penates” (roh penunggu lumbung), “Yupiter” (dewa angkasa yang tinggal dibukit Capitolines), Mars (dewa pertanian) dan genius (roh yang ada pada setiap orang).
Mereka juga memasukan dewa-dewa Yunani sebagai berikut :
1)        Yupiter (dewa tertinngi) disamakan dengan Zeus
2)        Venus (dewi kecantikan) disamakan dengan Aphrodite
3)        Yuno disamakan dengan Hera
4)        Mars, disamakan dengan Ares
5)        Minerva disamakan dengan Athena
6)        Apollo (dewa seni) diambil alih.














II.  LEMBAR TUGAS

No

Istilah

Penjelasan

1


2


3

4


5


6


7

8

9


10
Polis


Homerus


Ephor

Hellenisme


Iskandar
Zulkarnaen

Pontifex Maximus


Vini, vidi, vici

Koloseum

Corpus Juris Civilis


Kotakombe

……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..

III.  EVALUASI

Pilihlah Jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang ( X) pada huruf a, b, c, d, atau e.

  1. Yang membuktikan bahwa bangsa Minos adalah bangsa yang berbudaya tinggi adalah ….
a.          kemampuan menciptakan system tata kota
b.         letaknya yang strategis bagi kegiatan perdagangan
c.          kemampuan menciptakan hukum ketatanegaraan
d.         hubungan luar negeri dengan bangsa lain
e.          banyaknya filsuf yang lahir di Pulau Kreta
  1. Polis-polis di Yunani memiliki persamaan dengan beberapa hal, kecuali ….
a.          bahasa
b.         suku
c.          budaya
d.         kepercayaan
e.          penduduk
  1. Suku Bangsa Ionia adalah adalah suku banga yang  menempati ….
a.          Olympia
b.         Delphy
c.          Peloponesos
d.         Jazirah Atica
e.          Pulau Cyprus
  1. Kegiatan Olympiade yang dilakukan masyarakat Yunani bertujuan untuk ….
a.          menghormati dewa Zeus
b.         kegiatan rutin orang Yunani
c.          kewajiban orang Yunani
d.         untuk mencari jawara
e.          untuk menentukan polis yang memimpin Yunani
  1. Bangsa Yunani dikenal sebagai bangsa  pelaut dan pedagang yang dilatarbelakangi oleh karena ….
a.          gemar melakukan pelayaran
b.         seringnya terjadi perang antar polis
c.          keadaan alamnya yang tandus
d.         daerah Yunani sering dilanda bencana alam
e.           
  1. Bila anda ingin menjumpai orang kuat, datanglah ke Sparta, tetapi bila ingin menjumpai orang bijak dan pintar datanglah ke Athena. Ungkapan ini berasal dari ….
a.          Herodotus
b.         Socrates
c.          Plato
d.         Aristoteles
e.          aristophanes
  1. Dewa yang diangap paling tinggi menurut kepercayaan orang-orang Yunani adalah ….
a.          Ra
b.         Apollo
c.          Ares
d.         Zeus
e.          Hermes

  1. Oval: Peradaban Yunani Kuno8-Point Star: Pulau Kreta



Peranan Pulau Kreta dalam hubungan diatas adalah ….
a.          sebagai tempat peninggalan kaum pedagang yang menuju Yunani
b.         tempat lahirnya budaya
c.          pulau terbesar dari kepulauan Yunani
d.         tempat berdirinya kerajaan Athena
e.          tempat lahirnya kebudayaan Sparta
  1. Pada tahun 1400 Sm, kerajaan Minos mengalami kehancuran yang disebabkan oleh ….
a.          serangan bangsa Achaea
b.         penduduklan oleh kerajaan Mycenea
c.          rakyat Minos banyak yang mati terbunuh karena perang
d.         wafatnya raja Minos
e.          peristiwa alam

  1. Peletak dasar tata pemerintahan di Athena adalah ….
a.          Drako
b.         Kleisthenes
c.          Pericles
d.         Solon
e.          Efialtes
  1. Pada tahun 549 SM, system pemerintahan Athena yang berbentuk kerajaan diubah menjadi republik oleh ….
a.          Solon
b.         Herder
c.          Aristoteles
d.         Darius agung
e.          Karel agung
  1. Republik aristokrasi Athena pada masa permulaan dipimpin oleh pejabat yang disebut ….
a.          Archon
b.         Tiran
c.          Dictator
d.         Senat
e.          Tribun
  1. Hal yang membesakan kebudayaan Mycenea dengan kebudayaan Minos adalah ….
a.          kebudayaan Mycenea tidak setinggi kebudayaan Minos
b.         kebudayaan minos mengadaptasi kebudayaan Yunani
c.          kebudayaan Mycenea mengandung kekerasan
d.         kebudayaan Minos hanya menekankan seni dan sastra
e.          kebudayaan Mycenea bersifat polyteisme dengan memuja banyak dewa
  1. Setelah kerajaan Minos runtuh, kekuasaan di Yunani diambil alih oleh bangsa ….
a.          Aeolia
b.         Doria
c.          Achaea
d.         Ionia
e.          Athena
  1. Penguasa Athena yang tampil berkuasa seorang diri dan menjadi penyeimbang antara golongan aristokrasi dan golongan rakyat disebut ….
a.          Pretanea
b.         Aristocrat
c.          Tiran
d.         Arkhon
e.          Dictator
  1. Dalai menjalankan pemerintahan, raja Sparta dibantu oleh ….
a.          golongan bangsawan dan rohaniawan
b.         dewan aristocrat dan dewan kota
c.          dewan konvensional dan dewan legislative
d.         senat dan tribun
e.          dewan militer
  1. Polis Athena berhasil mendapatkan simpati dari polis-polis lain di Yunani, karena ….
a.          merupakan negara yang demokratis
b.         mengembangkan ilmu pengetahuan dan kebudayaan
c.          berhasil mematahkan serangan bangsa Persia
d.         melakukan perdamaian dengan Sparta
e.          menjadikan Yunani sebagai negara yang makmur
  1. Perhatikan table dibawah ini !
Perbedaan corak kehidupan polis Athena dengan Sparta di Yunani antara lain ….

Polis Athena
Polis Sparta
a.
b.
c.
d.
e.
Masyarakat dari suku Doria
Ilmu pengetahuan kurang berkembang
Pemerintahan demokratis
Terletak di semenanjung Ionia
Merupakan polis terkecil
Masyarakat dari suku Ionia
Ilmu pengetahuan berkembang pesat
Pemerintahan militerisme
Berada di Jazirah Attica
Polis terbesar di Yunani

  1. Penyebab terjadinya perang Peloponesos adalah ….
a.          bangsa Doria menyerang kota-kota bangsa Achaea
b.         persaingan antara Sparta dan Athena untuk menguasai polis-polis di Yunani
c.          perbedaan system pemerintahan antara Sparta dan Athena
d.         serbuan bangsa Persia terhadap Athena
e.          pengepungan kota Troya oleh Sparta
  1. Untuk memperkuat polis-polis di Yunani, Athena membentuk persekutuan yang bernama ….
a.          Konfederasi Hellas
b.         Liga Peloponesos
c.          Konfederasi Hykos
d.         Aeropagos
e.          Konfederasi Dellos
  1. Magico Historia kota Roma dimaksudkan untuk ….
a.          mengenang pendiri kota Roma
b.         meluruskan sejarah Romawi
c.          memperingati pahlawan Romawi
d.         menaikan status bangsa Romawi
e.          memotivasi rakyat untuk membangun kota Roma
  1. Dewa bangsa Romawi kuno yang kedudukannya disamakan denan dewa Zeus bangsa Yunani kuno adalah ….
a.          Yupiter
b.         Neptunus
c.          Mars
d.         Pluto
e.          Apollo
  1. Perang Phunisia yang berlangsung di Kartago adalah akibat usaha perluasan kekuasaan Romawi ke ….
a.          Yunani
b.         Asia kecil
c.          Semenanjung Balkan
d.         Afrika utara
e.          Macedonia
  1. Pada awalnya kekuasaan tertinggi di Roma berada ditangan ….
a.          Dewan Aristokrat
b.         Konsul
c.          Dewa Aeropagos
d.         Senat
e.          Imperator
  1. Setelah lepas dari bangsa Etruska, kaum bangsawan Roma memerintah Roam dengan system ….
a.          monarki konstitusional
b.         kerajaan
c.          dictator
d.         republik
e.          federasi
  1. Lembaga pemerintahan yang mengurusi keuangan di Romawi adalah ….
a.          konsul
b.         senat
c.          protor
d.         sensor
e.          questor
  1. Golongan plebeia mendapatkan dua wakil dalam senat yang memiliki hak veto disebut dengan ….
a.          Tribunus Plebes
b.         Patricia
c.          Princeps
d.         Imperator
e.          Proletar
  1. Tokoh penting dalam perang Phunisia, yang menjadi panglima dari Kartago adalah ….
a.          Africanus
b.         Asiaticus
c.          Hannibal
d.         Scipio
e.          Tiberius
  1. Sejak Laut Tengah dikuasai, bangsa Romawi menyebut Laut Tengah  dengan sebutan Mare Nostrum yang artinya ….
a.          Laut luas
b.         Laut kita
c.          Laut lepas
d.         Laut bebas
e.          Penguasa laut
  1. Berikut ini bukan anggota Triumirat I adalah ….
a.          Alexander Agung
b.         Tiberius
c.          Gaius Gracus
d.         Jenderal Sula
e.          Yulius Caesar
  1. Berikut bukan jabatan kaisar Octavianus adalah. . …
a.          Konsul
b.         Tribun
c.          Imperator
d.         Princeps
e.          Jupiter
  1. “Peminjam yang serakah”. Julukan ini diberikan kepada ….
a.          Bangsa Doria
b.         Bangsa Aeolia
c.          Bangsa Romawi
d.         Bangsa Yunani
e.          Bangsa Chaldea
  1. Bangunan bawah tanah dalam lorong gelap bukit kapur, sebagai kuburan dan tempat ibadah orang-orang Kristen zaman penganiayaan disebut ….
a.          Gereja Hagia Sophia
b.         Aquaduk
c.          Pantheon
d.         Kotakombe
e.          Gedung Circus Maximus
  1. Satu-satunya pelajaran yang diberikan pada sekolah tinggi Romawi Kuno adalah ….
a.          mengarang
b.         matematika
c.          berpidato
d.         penelitian
e.          filsafat
  1. Kitab undang-undang hukum perdata yang dikenal dengan “Corpus Juris Civilis” ditulis oleh ….
a.          Theodosius
b.         Agustus
c.          Adrianus
d.         Vespasianus
e.          Yustinianus


Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas!

  1. Mengapa peradaban Pulau kreta dianggap sebagai dasar peradaban Yunani Kuno ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


  1. Sebutkan hasil-hasil kebudayaan Minos !
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  1. Apa yang dimaksud dengan Konfederasi Dellos ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  1. Mengapa peradaban Sparta bersifat militerisme ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  1. Apa latar belakang terjadinya perang Punisia ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

  1. Apa yang kamu ketahui tentang Alexander Agung ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  1. Apa yang menyebabkan berkembangnya kebudayaan maritim di Pulau Kreta ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  1. Bagaimana hubungan kebudayaan Mycenea dengan kebudayaan Minos ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  1. Mengapa system Demokrasi tidak berkembang di Sparta ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  1. Apa alasan raja Cyrus dari Persia menyerang Athena ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  1. Sebutkan tiga filsuf dari zaman Yunani Kuno masing-masing dengan ajarannya !
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  1. Apa yang anda  ketahui tentang istilah-istilah patricus, plebeya, tribun, dan optimat ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  1. Menurut sejarah, siapakah yang membangun kota Roma ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

  1. Sebutkan tiga hasil seni bangunan Romawi serta fungsinya !
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  1. Mengapa Kaisar Konstantin memindahkan pusat pemerintahan Romawi ke Konstantinopel ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  1. Sebutkan beberapa warisan yang ditinggalkan oleh Yulius Caesar !
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  1. Sebutkan prestasi-prestasi kaisar Octavianus Augustus !
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  1. Bagaimana cerita mitos tentang terjadinya kota Roma ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  1. Apa yang kamu ketahui tentang cerita Illyas dan Odysea ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  1. Bagaimana kepercayaan bangsa Romawi ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………



TUGAS !

Buatlah kelompok kecil 5 – 6 orang, kemudoan diskusikan permasalahan dibawah ini !
  1. Bagaimana asal mula timbulnya demokrasi di Athena ?
  2. Apa ciri-ciri demokrasi ?
  3. Bagaimana perkembangan demokrasi dari dahulu hingga kini ?
  4. Bagaimana kehidupan demokrasi di Indonesia saat ini ?

Nama         : …………………
No. Absen : …………………
Kelas         : …………………

DOWNLOAD
Nilai


0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More