Format Lembar
Penilaian Metakognisi Peserta Didik
Nama Peserta
Didik :
Nomor Absen :
Materi saat
menilai metakognisi :
Tanggal
Observasi :
Petunjuk Pengisian :
Berilah tanda silang (x) pada pilihan jawaban yang kalian anggap sesuai
dengan keadaan sebenarnya
Pilihan : Selalu (SL) : 100%
Sangat Sering (SS) :
> 70 % - 100%
Sering (SR) :
> 50 % - 70%
Jarang (JR) :
> 30 % - 50 %
Sangat Jarang (SJ) :
> 0% - 30%
Tidak
Pernah (TP) : 0%
No
|
PERNYATAAN
|
SL
|
SS
|
SR
|
JR
|
SJ
|
TP
|
1
|
Secara
teratur saya bertanya kepada diri sendiri ketika sedang berupaya mencapai
suatu tujuan
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Saya
mempertimbangkan berbagai pilihan sebelum saya menyelesaikan sebuah
permasalahan
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Saya
mencoba menggunakan cara-cara yang pernah saya pakai sebelumnya
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Saya
terus menerus mengatur diri selama belajar agar memiliki waktu yang cukup
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Saya memahami kekuatan dan kelemahan kecerdasan saya
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Saya
berpikir tentang apa yang sebenarnya perlu saya pelajari, sebelum melakukan
suatu tugas
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Saya
menyadari bagaimana baiknya saya menyelesaikan suatu tes
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Saya
menyusun tujuan-tujuan khusus sebelum saya mengerjakan suatu tugas
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Saya
bertindak perlahan-lahan dan hati-hati bilamana menjumpai informasi penting
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Saya
mengetahui macam informasi apa yang paling penting untuk dipelajari
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Saya
bertanya kepada diri sendiri ketika mempertimbangkan seluruh pilihan untuk
memecahakan suatu masalah
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Saya
terampil/mahir menyusun dan merangkai informasi
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Saya
secara sadar memusatkan perhatian kepada informasi yang penting
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Untuk setiap cara yang saya gunakan, sa
mempunyai maksud tertentu
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Saya
belajar paling baik ketika saya mengetahui topik itu
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Saya
mengetahui apa yang diharapkan guru untuk saya pelajari
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Saya
mudah mengingat informasi
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Saya
menggunakan cara belajar yang berbeda-beda tergantung pada situasi
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Setelah
saya menyelesaikan suatu tugas, saya bertanya kepada diri sediri apakah ada
cara yang lebih mudah
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Saya
memiliki kontrol terhadap seberapa baiknya saya belajar
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Secara
teratur saya melakukan peninjauan kembali untuk menolong saya memahami
hubungan-hubungan penting
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Sebelum
memulai sesuatu, saya bertanya kepada diri sendiri tentang hal-hal terkait
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Saya
mempertimbangkan berbagai cara untuk memcahkan suatu masalah sebelum ahirnya
memutuskan salah satu diantaranya
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Setiap kali selesai belajar, saya membuat rangkuman
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Saya
menanyakan orang lain bilamana saya tidak memahami sesuatu
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Saya
dapat memotivasi diri untuk belajar bilamana diperlukan
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Saya menyadari cara apa yang digunakan ketika saya
belajar
|
|
|
|
|
|
|
28
|
Saya
biasa memikirkan manfaat cara-cara belajar yang saya pakai
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Saya
memanfaatkan kekuatan kecerdasan saya untuk menutupi kekurangan saya
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Saya memusatkan perhatian terhadap arti dan manfaat
dari informasi yang baru
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Saya
menemukan contoh-contoh sendiri sehingga informasi menjadi lebih bermakna
atau jelas
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Saya
tergolong adil menilai diri sendiri tentang seberapa baiknya saya memahami
sesuatu
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Secara otomatis saya sadar menggunakan cara belajar
yang berguna
|
|
|
|
|
|
|
34
|
Secara
teratur saya istirahat sebentar untuk mengatur pemahaman saya
|
|
|
|
|
|
|
35
|
Saya
menyadari/mengetahui bahwa setiap cara yang saya gunakan adalah yang paling
efektif atau tepat
|
|
|
|
|
|
|
36
|
Saya
bertanya kepada diri sendiri tentang seberapa baik saya mencapai tujuan
setelah menyelesaikan tugas
|
|
|
|
|
|
|
37
|
Saya
membuat gambar atau bagan untuk mencapai tujuan setelah menyelesaikan tugas
|
|
|
|
|
|
|
38
|
Saya
bertanya kepada diri sendiri apakah saya telah mempertimbangkan semua pilihan
setiap kali saya menyelesaikan suatu masalah
|
|
|
|
|
|
|
39
|
Saya
berusaha memahami informasi baru dengan kata-kata saya sendiri
|
|
|
|
|
|
|
40
|
Saya mengubah cara jika saya gagal memahami
|
|
|
|
|
|
|
41
|
Saya
menggunakan urutan topik atau materi dari buku/teks untuk membantu saya
belajar
|
|
|
|
|
|
|
42
|
Saya
membaca petunjuk secara teliti sebelum memulai melakukan suatu tugas
|
|
|
|
|
|
|
43
|
Saya
bertanya kepada diri sediri apakah hal yang sedang dibaca berhubungan dengan
apa yang telah saya ketahui
|
|
|
|
|
|
|
44
|
Saya
memikirkan kembali anggapan saya ketika saya bingung
|
|
|
|
|
|
|
45
|
Saya
mengatur waktu saya untuk mencapai tujuan sebaik-baiknya
|
|
|
|
|
|
|
46
|
Saya
lebih banyak belajar jika saya tertarik/senang dengan topik
|
|
|
|
|
|
|
47
|
Saya
berupaya membagi kegiatan belajar saya menjadi langkah-langkah yang lebih
kecil
|
|
|
|
|
|
|
48
|
Saya
lebih memperhatikan makna umum dari pada makna khusus
|
|
|
|
|
|
|
49
|
Saya
bertanya kepada diri sendiri tentang seberapa baik saya bekerja, pada waktu
mempelajari sesuatu hal yang baru
|
|
|
|
|
|
|
50
|
Saya
bertanya kepada diri sendiri apakah saya belajar sebanyak yang saya mampu,
setiap kali saya menyelesaikan suatu tugas
|
|
|
|
|
|
|
51
|
Saya
melupakan informasi baru yang tidak jelas.
|
|
|
|
|
|
|
52
|
Saya
berhenti dan selanjutnya saya membaca kembali jika saya bingung
|
|
|
|
|
|
|
0 comments:
Post a Comment