Blogroll

Akrab Senada, adalah Aktif dan rajin belajar sejarah nasional dan dunia. merupakan kumpulan pemikiran, program, dan materi pelajaran dalam melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar Sejarah khususnya tingkat SMA.

Wednesday, October 30, 2013

Format Lembar Penilaian Metakognisi Peserta Didik

Format Lembar Penilaian Metakognisi Peserta Didik
Nama Peserta Didik                           :
Nomor Absen                                     :
Materi saat menilai metakognisi       :
Tanggal Observasi                              :

Petunjuk Pengisian                             :
Berilah tanda silang (x) pada pilihan jawaban yang kalian anggap sesuai dengan keadaan sebenarnya
Pilihan :          Selalu (SL)                 : 100%
Sangat Sering (SS)     : > 70 % - 100%
Sering (SR)                 : > 50 % - 70%
Jarang (JR)                 : > 30 % - 50 %
Sangat Jarang (SJ)      : > 0% - 30%
Tidak Pernah (TP)      : 0%

No
PERNYATAAN
SL
SS
SR
 JR
SJ
TP
1
Secara teratur saya bertanya kepada diri sendiri ketika sedang berupaya mencapai suatu tujuan






2
Saya mempertimbangkan berbagai pilihan sebelum saya menyelesaikan sebuah permasalahan






3
Saya mencoba menggunakan cara-cara yang pernah saya pakai sebelumnya






4
Saya terus menerus mengatur diri selama belajar agar memiliki waktu yang cukup






5
Saya memahami kekuatan dan kelemahan kecerdasan saya






6
Saya berpikir tentang apa yang sebenarnya perlu saya pelajari, sebelum melakukan suatu tugas






 7
Saya menyadari bagaimana baiknya saya menyelesaikan suatu tes






8
Saya menyusun tujuan-tujuan khusus sebelum saya mengerjakan suatu tugas






9
Saya bertindak perlahan-lahan dan hati-hati bilamana menjumpai informasi penting






10
Saya mengetahui macam informasi apa yang paling penting untuk dipelajari






11
Saya bertanya kepada diri sendiri ketika mempertimbangkan seluruh pilihan untuk memecahakan suatu masalah






12
Saya terampil/mahir menyusun dan merangkai informasi






13
Saya secara sadar memusatkan perhatian kepada informasi yang penting






14
 Untuk setiap cara yang saya gunakan, sa mempunyai maksud tertentu






15
Saya belajar paling baik ketika saya mengetahui topik itu






16
Saya mengetahui apa yang diharapkan guru untuk saya pelajari






17
Saya mudah mengingat informasi






18
Saya menggunakan cara belajar yang berbeda-beda tergantung pada situasi






19
Setelah saya menyelesaikan suatu tugas, saya bertanya kepada diri sediri apakah ada cara yang lebih mudah






20
Saya memiliki kontrol terhadap seberapa baiknya saya belajar






21
Secara teratur saya melakukan peninjauan kembali untuk menolong saya memahami hubungan-hubungan penting






22
Sebelum memulai sesuatu, saya bertanya kepada diri sendiri tentang hal-hal terkait






23
Saya mempertimbangkan berbagai cara untuk memcahkan suatu masalah sebelum ahirnya memutuskan salah satu diantaranya






24
Setiap kali selesai belajar, saya membuat rangkuman






25
Saya menanyakan orang lain bilamana saya tidak memahami sesuatu






26
Saya dapat memotivasi diri untuk belajar bilamana diperlukan






27
Saya menyadari cara apa yang digunakan ketika saya belajar






28
Saya biasa memikirkan manfaat cara-cara belajar yang saya pakai






29
Saya memanfaatkan kekuatan kecerdasan saya untuk menutupi kekurangan saya






30
Saya memusatkan perhatian terhadap arti dan manfaat dari informasi yang baru






31
Saya menemukan contoh-contoh sendiri sehingga informasi menjadi lebih bermakna atau jelas






32
Saya tergolong adil menilai diri sendiri tentang seberapa baiknya saya memahami sesuatu






33
Secara otomatis saya sadar menggunakan cara belajar yang berguna






34
Secara teratur saya istirahat sebentar untuk mengatur pemahaman saya






35
Saya menyadari/mengetahui bahwa setiap cara yang saya gunakan adalah yang paling efektif atau tepat






36
Saya bertanya kepada diri sendiri tentang seberapa baik saya mencapai tujuan setelah menyelesaikan tugas






37
Saya membuat gambar atau bagan untuk mencapai tujuan setelah menyelesaikan tugas






38
Saya bertanya kepada diri sendiri apakah saya telah mempertimbangkan semua pilihan setiap kali saya menyelesaikan suatu masalah






39
Saya berusaha memahami informasi baru dengan kata-kata saya sendiri






40
Saya mengubah cara jika saya gagal memahami






41
Saya menggunakan urutan topik atau materi dari buku/teks untuk membantu saya belajar






42
Saya membaca petunjuk secara teliti sebelum memulai melakukan suatu tugas






43
Saya bertanya kepada diri sediri apakah hal yang sedang dibaca berhubungan dengan apa yang telah saya ketahui






44
Saya memikirkan kembali anggapan saya ketika saya bingung






45
Saya mengatur waktu saya untuk mencapai tujuan sebaik-baiknya






46
Saya lebih banyak belajar jika saya tertarik/senang dengan topik






47
Saya berupaya membagi kegiatan belajar saya menjadi langkah-langkah yang lebih kecil






48
Saya lebih memperhatikan makna umum dari pada makna khusus






49
Saya bertanya kepada diri sendiri tentang seberapa baik saya bekerja, pada waktu mempelajari sesuatu hal yang baru






50
Saya bertanya kepada diri sendiri apakah saya belajar sebanyak yang saya mampu, setiap kali saya menyelesaikan suatu tugas






51
Saya melupakan informasi baru yang tidak jelas.






52
Saya berhenti dan selanjutnya saya membaca kembali jika saya bingung









0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More