Blogroll

Akrab Senada, adalah Aktif dan rajin belajar sejarah nasional dan dunia. merupakan kumpulan pemikiran, program, dan materi pelajaran dalam melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar Sejarah khususnya tingkat SMA.

Friday, April 12, 2013

Konsep dan Unsur Sejarah



   
1. Konsep dasar Sejarah

Diatas telah disebutkan bahwa sejarah  memiliki tiga konsep, yaitu konsep perubahan, konsep waktu, dan konsep kontinuitas. Perubahan yaitu ketidaksamaan dari suatu keadaan yang satu dengan yang lain, dari waktu yang satu ke waktu yang lain. Misalnya  perubahan dari masa Orde Baru ke masa Reformasi. Perubahan yang termasuk kategori peristiwa sejarah ialah perubahan yang memiliki makna penting bagi kehidupan manusia. Tidak semua perubahan tercatat sebagai peristiwa sejarah.
Konsep tentang waktu dimaksudkan bahwa setiap peristiwa sejarah tidak mungkin sebagai sesuatu yang datang dengan tiba-tiba, tetapi akan selalu berada dalam lingkaran waktu. Aspek waktu ini akan sangat terasa jika kita mencermati suatu proses perubahan atau proses pembuatan sesuatu. Misalnya pembuatan lemari. Mulai dari pemotongan kayu yang diolah menjadi bagian-bagian bingkai, dinding, pintu hingga menjadi sebuah lemari. Dalam proses ini, waktu menjadi aspek yang sangat penting. Bahkan waktu juga menjadi unsur penting dalam sejarah. Sejarah adalah peristiwa dalam dimensi waktu, masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang.
Konsep kontinuitas dan diskontinuitas merupakan konsep penting dalam sejarah. Konsep ini berkaitan erat dengan konsep perubahan dan perkembangan. Kontinuitas adalah manifestasi dari suatu proses perkembangan aspek kehidupan masyarakat yang terus menerus, sekalipun situasi dan kondisi berubah. Misalnya, walupun kita sudah merdeka tetapi kita masih banyak menggunakan hukum kolonial. Sedangkan diskontinuitas adalah proses perubahan atau perkembangan aspek kehidupan masyarakat yang tidak berlanjut atau bukan merupakan kelanjutan dari masa sebelumnya.

 
2. Unsur-unsur Sejarah

Didalam sejarah terdapat tiga unsur penting, yaitu :
  1. Manusia, yang merupakan unsur sentral atau pemeran utama. Karena itu manusia sangat menentukan didalam suatu peristiwa. Sejarah adalah sejarahnya manusia. Peristiwa yang dikajipun adalah peristiwa yang berkaitan dengan manusia. Peristiwa itu bisa berlangsung cepat (Revolusi) atau bisa berlangsung lama (Evolusi), bisa kompleks bisa juga sederhana, tergantung akal manusia dengan lingkungan  yang ada.
  2. Waktu, merupakan unsur yang penting. Sejarah adalah studi tentang aktivitas manusia dilihat dari kurun waktunya. Karena itu waktu menjadi unsur dan konsep dalam sejarah. Dari unsur waktu inilah maka didalam sejarah sifat kronologis menjadi sangat penting. Dari unsur waktu dan sifat kronologis didalam kajian sejarah dikenal adanya konsep periodisasi.
  3. Ruang, maksudnya adalah tempat terjadinya peristiwa. Jadi terkait dengan aspek geografis. Unsur ruang ini akan menjadikan pemahaman kita tentang peristiwa sejarah menjadi nyata.
Dari uraian diatas menunjukan bahwa setiap peristiwa sejarah tidak dapat lepas dari tiga unsur. Siapa pelakunya, kapan berlangsungnya, dan dimana kejadiannya.

1 comments:

3 unsur sejarahnya itu menurut siapa ya?
n ngutip dari mana?

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More