Blogroll

Akrab Senada, adalah Aktif dan rajin belajar sejarah nasional dan dunia. merupakan kumpulan pemikiran, program, dan materi pelajaran dalam melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar Sejarah khususnya tingkat SMA.

Sunday, April 14, 2013

Periodisasi dan kronologi sejarah



A.    PERIODISASI DAN KRONOLOGI

Sejarah merupakan ilmu yang mempelajari manusia dalam konteks waktu. Dalam kehidupannya, manusia terikat oleh ruang dan waktu. Ada masa lalu, masa sekarang, dan masa depan. Ketiganya menunjukan adanya keseimbangan. Masa lalu akan menentukan masa sekarang, dan masa sekarang menentukan masa depan. Untuk memudahkan memahami konsep waktu maka dibuatlah periodisasi dan kronologi dalam sejarah.

1.    Periodisasi.
     
      Untuk memudahkan  mengetahui bagaimana kehidupan manusia dalam rentang waktu dibuatlah periodisasi. Maksud dari periodisasi adalah semacam rangkain serial  menurut urutan zaman.
      Periodisasi dibuat dengan tujuan agar dapat diketahui ciri khas atau karakteristik kehidupan manusia sehingga mudah dipahami. Dalam periodisasi ini akan diketahui :
a.       perkembangan kehidupan manusia
b.      kesinambungan antara periode yang satu dengan periode berikutnya.
c.       terjadinya fenomena yang berulang
d.      perubahan dari periode yang awal sampai pada periode berikutnya

                  Perkembangan terjadi bila berturut-turut masyarakat bergerak dari satu bentuk yang sederhana ke bentuk yang lebih kompleks. Kesinambungan terjadi bila suatu masyarakat baru hanya melakukan adopsi lembaga-lembaga lama.
                  Pengulangan yang dimakud disini adalah adanya fenomena yang berulang, bukan peristiwa yang berulang. Sebab peristiwa itu terjadi hanya satu kali. Perubahan terjadi bila masyarakat  mengalami pergeseran, sama dengan perkembangan. Akan tetapi asumsinya adalah adanya perkembangan besar-besaran dan dalam waktu yang relatif singkat. Biasanya perubahan itu terjadi karena pengaruh dari luar.
                  Penyusunan periodisasi bergantung pada jenis sejarah yang akan ditulisnya. Periodisasi dapat disusun berdasarkan perkembangan politik, sosial, ekonomi, kebudayaan, agama, dan sebagainya. Setiap penulis sejarah bebas dalam menetapkan periodisasi, bergantung pada pendiriannya. Periodisasi perkembangan politik akan menyangkut periodisasi kerajaan-kerajaan kuno atau dinasti. Misalnya, kerajaan–kerajaan kuno di Indonesia mulai dari kerajaan Hindu-Buddha sampai kerajaan Islam.
                  Periodisasi berdasarkan sosial ekonomi misalnya melihat perkembangan kehidupan manusia mulai dari masa berburu mengumpulkan makanan, menanam, berkebun atau bersawah, sampai dengan masa produksi. Pada setiap periode tersebut memiliki karakteristiknya.
                  Contoh periodisasi sejarah Indonesia berdasarkan hasil kebudayaan :
Zaman
Hasil kebudayaan
Cara hidup
Jenis Manusia
Palaeolithikum
Budaya Pacitan
-   Kapak Penetak (Chopper)
-   Kapak Perimbas
Budaya Ngandong
-     Alat-alat tulang dan tanduk rusa
-     Flakes (alat-alat yang terbuat dari batu-batu kecil)
-    Food gathering awal (berburu, menangkap ikan, mengumpulkan keladi, ubi dan buah-buahan)
-    Nomaden
-           
-    Pithecantropus
-    Sinanthropus Pekinensis
-    Homo Wajakensis
-    Homo Soloensis
-    Pithecantropus Erectus
-    Pithecantropus Robustus
-    Mojokertensis
-    Megantropus PalaeoJavanicus
Mesolithikum
Budaya Bacson Hoabin
- Kapak Sumatera/kapak genggam (Pebble Culture)
- Alat-alat tulang (Bone Culture)
- Flakes
- Kapak Pendek (Hache Courte)
- Food Gathering tahap lanjut
- Hidup semi nomaden (sebagian sudah menetap dan sebagian lagi masih mengembara)
- Abris sous roche
- Kjokkenmoddinger
Papua Melanesoide
-      suku Irian
-      suku Sakai     (Siak)
-      suku Atca
-      suku Aborigin
-      suku Semang
Neolithikum
- Kapak Lonjong
- Kapak Bahu
- Kapak persegi
- Tembikar
- Barang-barang perhiasan
-  Masa Food Producing
-  Bercocok tanam
-  Nelayan
-  Beternak
Proto Melayu
-       Nias
-       Toraja
-       Sasak
-       Dayak
Megalithikum
Kebudayaan Dongson
- Dolmen
- Kubur batu
- Arca
- Manik-manik
- Menhir
- Punden berundak-undak
- Sarkofagus
- Food Production
- Tempat tinggal menetap
- Bercocok tanam
- Beternak
- Nelayan
- Membuat gerabah
- Rumah panggung
Proto Melayu
-   Nias
-   Toraja
-   Sasak
-   Dayak


2.     Kronologi
Kronologi sejarah merupakan urutan peristiwa sejarah yang terjadi berdasarkan urutan waktu. Pada masa lalu ada kebiasaan untuk mencatat peristiwa-peristiwa penting yang berkaitan dengan pemerintahan. Peristiwa itu misalnya proses awal berdirinya suatu kerajaan, penaklukan terhadap daerah lain dalam rangka perluasan wilayah, pemberian sedekah, kunjungan tamu dari luar kerajaan dan lain-lain. Pencatatan itu biasanya lebih banyak menonjolkan peran dari kerajaan atau rajanya. Catatan peristiwa-peristiwa penting itu disebut kronik.
Pada masa sekarang salah satu lembaga yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap tradisi penulisan peristiwa-peristiwa penting yang berkaitan dengan peran dirinya adalah TNI. Banyak sekali sejarah yang ditulis  TNI berkaitan dengan peran dirinya, mulai dari proses pendirian sampai dengan perannya dalam mempertahankan kemerdekaan dan menjaga kedaulatan negara. Penulisannya itu bersifat kronologis, mulai dari yang paling awal sampai yang terbaru.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More