Blogroll

Akrab Senada, adalah Aktif dan rajin belajar sejarah nasional dan dunia. merupakan kumpulan pemikiran, program, dan materi pelajaran dalam melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar Sejarah khususnya tingkat SMA.

Friday, September 13, 2013

Cara melakukan Tayamum dan shalat di kendaraan/Pesawat.


Tanyamum dilakukan sebagai ganti berwudlu. Dasar hukum tayamum terdapat dalam Surat Annisa ayat 43. Artinya, “ dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang bak (suci), sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun.”

Cara melakukan tayyamum adalah sebagai berikut :
a)     Tepukkan atau tempelkan kedua telapak tangan ke kursi di depan kita, lalu tiuplah kotoran yang menempel di telapak tangan tersebut.
b)     Kedua telapak tangan, kita sapukan dari ujung rambut (di atas kening) sampai ke daku, dari telinga sebelah kanan sampai telinga sebelah kiri, secara merata.
c)     Kedua telapak tangan sekali lagi sitepukkan ke dinding atau ke  kursi (usahakan di tempat yang belum di tepuk). Tiup kotoran yang menempel di telapak tangan tersebut.

d)     Telapak tangan kiri menyapu tangan kanan dari ujung jari sampai siku secara merata, dan telapak tangan kanan menyapu tangan kiri dari ujung jari sampai siku secara merata.

Cara melakukan shalat di dalam pesawat dilakukan sambil duduk di kursi menghadap ke arah pesawat. Shalat dimulai dengan Takbiratul Ihram, kemudian membaca Surat Al-Fatihah, membaca surat, kemudian ruku (membukuk sedikit), lalu I’tidal, terus sujud dengan membungkukan badan lebih rendah di bandingkan ruku. Kemudian duduk, sujud, dan duduk lagi. Selanjutnya, takbir rakaat ke dua, membaca Surat Al Fatihah, membaca surat, ruku, I’tidal, sujud, duduk, sujud, lalu duduk sambil membaca Tasyahut, kemudian ditutup dengan salam.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More