Blogroll

Akrab Senada, adalah Aktif dan rajin belajar sejarah nasional dan dunia. merupakan kumpulan pemikiran, program, dan materi pelajaran dalam melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar Sejarah khususnya tingkat SMA.

Wednesday, August 28, 2013

MUNCUL DAN BERKEMBANGNYA PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA



1.     Latar Belakang Munculnya Pergerakan Nasional di Indonesia
K
egagalan-kegagalan yang dialami bangsa Indonesia dalam perjuangan merebut kemerdekaan telah mengilhami kaum cendekiawan untuk mengubah pola perjuangan dengan tidak mengandalkan perjuangan fisik, melainkan lebih mengandalkan perjuangan nonfisik. Dalam arti pada masa pergerakan nasional, arah perjuangan bangsa Indonesia ditujukan kepada hal-hal sebagai berikut :
a.        Menumbuhkan sikap nasionalisme bangsa yang kuat agar bangsa Indonesia tidak mudah dipecah-belah lagi oleh bangsa asing, seperti yang terjadi pada masa perjuangan sebelum tahun 1908, dimana perjuangan pada masa itu masih bersifat kedaerahan. Munculnya semangat nasionalisme akan menumbuhkan persatuan dan kesatuan bangsa.
b.       Meningkatkan kecerdasan bangsa melalui penyelenggaraan sistem pendidikan yang berdasarkan pada nasionalisme, tidak berdasarkan pada sistem pendidikan kolonial.
c.        Mengembalikan kesadaran bahwa rakyat Indonesia mempunyai harkat dan martabat yang sama dengan bangsa penjajah, karena pada dasarnya manusia dilahirkan dengan memiliki hak-hak yang sama dan dilengkapi dengan potensi kehidupan yang sama pula.
d.       Meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui berbagai pendidikan keterampilan, sehingga kehidupan rakyat tidak terlalu bergantung kepada sektor pertanian dan perkebunan yang selama itu dieksploitasi oleh penjajah.
         Timbulnya pemikiran-pemikiran seperti di atas karena banyak di antara pemuda bangsa Indonesia yang mendapatkan pendidikan di negara Barat. Mereka belajar bagaimana cara membangkitkan kesadaran rakyat. Pemikiran-pemikiran itulah yang kemudian menjadi inti dari pergerakan nasional Indonesia. Adapun pergerakan nasional Indonesia dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor intern dan faktor ekstern.
a.     Faktor intern (dari dalam negeri) di antaranya :
1)     Terjadinya dominasi penjajah dalam bidang politik, artinya kekuasaan pemerintahan berada di tangan penjajah yang memerintah secara sewenang-wenang;
2)     Terjadinya pemerasan dalam bidang ekonomi. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya pengangkutan kekayaan alam dari Indonesia ke negara penjajah untuk kemakmuran mereka sendiri, sedangkan untuk kepentingan rakyat terjajah tidak diperhatikan;
3)     Masuknya kebudayaan penjajah (Barat) yang tidak sesuai dengan budaya dan kepribadian bangsa Indonesia melalui berbagai cara;
4)     Terjadinya diskriminasi di bidang politik, ekonomi, dan sosial-budaya yang menempatkan golongan pribumi pada golongan yang paling rendah, di lain pihak golongan penjajah dan bangsa Eropa lainnya ditempatkan pada golongan tertinggi. Sedangkan golongan masyarakat Timur Asing, seperti Cina, India, dan Arab ditempatkan pada golongan masyarakat nomor dua;
e)     Dampak dilaksanakannya Politik Etis (Politik Balas Budi) oleh Belanda di Indonesia, khususnya dibidang pendidikan yang melahirkan golongan cendekiawan atau intelektual pribumi. Merekalah yang menjadi pemimpin-pemimpin pergerakan nasional Indonesia yang memberi penerangan kepada rakyat untuk bangkit dari alam penjajahan. Mereka itu laksana “obor” yang menerangi rakyat agar terjaga dari “tidurnya” yang panjang. Faktor intern lainnya, adalah munculnya diskriminasi dibidang politik, sosial, dan ekonomi yang mengakibatkan kesengsaraan dan penderitaan rakyat.
b.     Faktor ekstern (dari luar negeri), antara lain masuknya gagasan nasionalisme modern, seperti kebangkitan bangsa-bangsa Asia (Turki, Cina, India) serta pengaruh kemenangan bangsa Jepang terhadap Rusia tahun 1905, yang dianggap sebagai kemenangan bangsa Asia (kulit berwarna) atas bangsa Eropa (kulit putih). Selain itu, pengaruh dari berkembangnya paham-paham baru seperti liberalisme dan demokrasi.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More