Blogroll

Akrab Senada, adalah Aktif dan rajin belajar sejarah nasional dan dunia. merupakan kumpulan pemikiran, program, dan materi pelajaran dalam melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar Sejarah khususnya tingkat SMA.

Wednesday, August 28, 2013

Pengertian Orde Baru


Pengertian Orde Baru

         Dalam pidato kenegaraan di hadapan sidang DPR-GR tanggal 16 Agustus 1967, Jenderal Soeharto antara lain mengatakan : “….., Orde Baru tidak lain adalah tatanan seluruh peri kehidupan rakyat, bangsa dan negara yang diletakkan kembali kepada pelaksanaan kemurnian Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945….karena Orde Baru lahir dan tumbuh sebagai reaksi dan untuk mengadakan koreksi total atas segala bentuk penyelewengan yang dilakukan pada masa Orde yang berkuasa waktu itu, yaitu yang sekarang disebut Orde Lama”.
         Menurut Orde Baru, salah satu kesalahan yang cukup fatal dari Orde Lama adalah menjadikan “politik sebagai panglima”. Seringkali pembangunan ekonomi yang lebih banyak disandarkan kepada slogan-slogan politik daripada pertimbangan ekonomi rasional. Di samping itu presiden terlalu banyak mengobral Penetapan Presiden (Penpres), yang seringkali baik secara langsung maupun tidak, telah mengacaukan atau mengintervensi kebijakan yang telah diambil oleh para menterinya.
         Keinginan untuk melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen baru terbuka sejak dikeluarkannya Super Semar. dan pada saat itu pula rakyat Indonesia memasuki dan mengisi lembaran baru yaitu masa Orde Baru.
         Hal-hal yang diperjuangkan dalam Orde Baru diantaranya :
a.        Sikap mental yang positif untuk menghentikan dan mengoreksi segala penyimpangan/penyelewengan terhadap pelaksanaan Pancasila dan UUD 1945.
b.       Masyarakat yang adil dan makmur baik material maupun spiritual melalui pembangunan
c.        Sikap mental mengabdi kepada kepentingan rakyat serta melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen.
                  Melalui hal-hal yang diperjuangkannya itu Orde Baru menghendaki :
a.        Suatu tata pikir yang lebih nyata dan tepat guna tanpa meninggalkan idealisme perjuangan,
b.       Diutamakan kepentingan nasional,
c.        Tata susunan negara yang lebih baik dan stabil,
d.       Pimpinan dan pemerintahan yang kuat,
e.       Mengutamakan konsolidasi ekonomi dan sosial di dalam negeri , dan
f.         Pelaksanaan cita-cita demokrasi politik dan ekonomi yang sungguh-sungguh
                  Landasan perjuangan Orde Baru adalah :
a.        Landasan ideal                      :        Pancasila
b.       Landasan konstitusional  :        UUD 1945
c.        Landasan operasional        :        Tap-Tap MPRS/MPR
         Untuk mencapai apa yang diperjuangkan dan dikehendakinya itu, perlu ada kejelasan arah dan usaha serta ukuran-ukuran yang dijadikan pedoman dalam mewujudkannya, maka disusunlah Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN). Dalam pelaksanaannya diwujudkan melalui pembangunan di segala bidang. Karena itu Orde Baru disebut juga sebagai Orde Pembangunan.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More